Jumat, 27 November 2020 07:33

Resmi Terpilih, Ini Tugas yang Diemban Duta Bahasa Jawa Timur 2020

Rabu, 16 September 2020 23:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Resmi Terpilih, Ini Tugas yang Diemban Duta Bahasa Jawa Timur 2020
BERSAING: Para finalis sebelum terpilih sebagai pemenang Duta Bahasa Jawa Timur 2020, di Hotel Aston Kahuripan, Rabu (16/9) sore. foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tiga pasangan Duta Bahasa Jawa Timur 2020 resmi terpilih dan dinobatkan dalam acara Puncak Pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2020 di Hotel Aston Kahuripan, Sidoarjo, Rabu (16/9) sore.

Sebagai mitra Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT), mereka bakal mengemban sejumlah tugas khusus. Yakni diminta mengampanyekan Bahasa Indonesia, agar tetap ada dan menjadi bahasa nasional.

"Mereka generasi yang melanjutkan masa depan bangsa ini," cetus Kepala BBJT, Dr Asrif, M.Hum, yang juga penyelenggara Pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2020.

Kata Asrif, Duta Bahasa Jatim 2020 juga punya tanggung jawab untuk melestarikan bahasa daerah di Jawa Timur, yakni Bahasa Jawa dan Bahasa Madura. Duta Bahasa Jawa Timur itu bakal menjadi model atau contoh bagi generasi milenial, bahwa milenial menggunakan Bahasa Jawa atau Bahasa Madura adalah sesuatu yang gagah dan bagus.

BBJT melalui para Duta Bahasa Jawa Timur 2020 itu, ingin mengajak para pemuda selain Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah, juga menguasai bahasa asing sebagai penunjang kompetensi anak muda di era global. "Agar mereka menjadi masyarakat pemuda yang kompetitif pada masyarakat internasional sehingga bisa bergaul di kancah internasional," bebernya.

Asrif menegaskan, ajang Pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2020 tersebut, tidak memilih berdasarkan fisik, namun pada konsep berpikir bagaimana anak muda menjadi bagian memanfaatkan bahasa sebagai ikatan bersama.

Dalam ajang ini, tiga pasangan ditetapkan sebagai pemenang 1, 2, dan 3 Duta Bahasa Jawa Timur 2020. Pemenang pertama, Mohammad Dwi Prayogo (Politeknik Negeri Jember) dan Fakhrima Isna K (Universitas Brawijaya). Pemenang 2 diraih oleh Refondi Ramadha (Universitas Brawijaya) dan Novia Putri W (Universitas Brawijaya).

Sedangkan pemenang 3, diraih oleh Yusuf Drajat Kurniawan (UPN "Veteran" Jawa Timur) dan Arinda Putrisasti (Universitas Trunojoyo Madura). Ketiga pasangan ini sebelumnya masuk lima besar finalis pasangan setelah melewati sejumlah tahapan seleksi.

Bagi pasangan pemenang pertama, bakal mewakili Jawa Timur di ajang Pemilihan Duta Bahasa Nasional. Ajang Pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2020 ini diikuti total 230 peserta. Peserta berasal dari pelajar SMA, mahasiswa, dan karyawan, dengan batasan usia 18 hingga 25 tahun.

Seleksi awal Pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2020 digelar sejak Agustus lalu, secara daring. Seleksi awal, peserta diminta membuat karya tulis ilmiah dan uji kebahasaan. Seleksi berikutnya, uji bakat, penguasaan bahasa asing dan krida kebahasaan, yakni orasi menyampaikan visi misi mengenai kebahasaan. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...