Jumat, 18 September 2020 20:15

Langgar Prokes, 8 Kafe Ditutup, Kegiatan di Kantor Kecamatan Dibubarkan

Rabu, 16 September 2020 08:51 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Akina Nur Alana
Langgar Prokes, 8 Kafe Ditutup, Kegiatan di Kantor Kecamatan Dibubarkan
Selain ditutup, tempat ini juga di-police line.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Delapan kafe dan warung kopi ditutup dan disegel dengan police line. Delapan kafe dan warung kopi itu tersebar di 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Garum 1 titik, Talun 3 titik, Wlingi 2 titik dan Kanigoro 2 titik.

Hal ini dilakukan petugas gabungan dari Polres Blitar, Kodim 0808, Satpol PP, BPBD, Dinkes, dan Dishub Pemkab Blitar karena kafe-kafe dan warung kopi tersebut tidak menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Pemilik tidak menyediakan tempat cuci tangan, tempat duduk tidak diberi jarak untuk menerapkan physical distancing dan pengunjung tak ada yang memakai masker.

Selain kafe dan warung kopi, petugas juga mendapati kegiatan pagelaran wayang kulit di kantor Kecamatan Talun yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Acara itu kemudian juga dibubarkan oleh aparat.

Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, penerapan protokol kesehatan saat ini sudah masuk fase pemberian sanksi. Tindakan tegas yang dilakukan dalam kegiatan ini sesuai dengan Inpres No 6 Tahun 2020, dengan dasar aturan Perda Provinsi Jatim No 2 Tahun 2020 Jo Perda Provinsi No 1 Tahun 2019, Pergub No 53 Tahun 2020 dan Perbup No 40 Tahun 2020.

"Kami tidak tebang pilih, apakah itu warung kopi, restoran dan kafe-kafe maupun instansi pemerintahan yang tidak menerapkan protokol kesehatan akan kami beri sanksi. Bahkan untuk kami tidak segan menutup selamanya kafe-kafe yang masih bandel meski telah dapat teguran keras," tegas Fanani.

Selain itu, dalam operasi Yustisi ini juga ada 11 pelanggaran tipiring dan 17 pelanggaran lalu lintas oleh masyarakat, mereka tidak memakai masker ketika keluar rumah dan bergerombol tidak menjaga jarak.

"Jangan main-main karena kami akan terus melakukan kegiatan serupa di seluruh wilayah hukum Polres Blitar. Kami akan mengambil tindakan tegas sesuai aturan yang ada bagi para pelanggar," pungkasnya. (ina/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 10 September 2020 10:51 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Detik-detik dua orang wisatawan sebelum tergulung ombak di Pantai Serang Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar tertangkap kamera. Peristiwa ini menimpa Yoga (21) dan Hendri Wisnu Pratama (18). Dua oran...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...