Kamis, 01 Oktober 2020 14:27

Inspiratif, Daftarkan Haji Ibunda, Pengamen di Probolinggo Diapresiasi Gubernur Jatim

Minggu, 13 September 2020 20:33 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Andi Sirajudin
Inspiratif, Daftarkan Haji Ibunda, Pengamen di Probolinggo Diapresiasi Gubernur Jatim
Kadinsos Jatim saat memberikan bantuan dari Gubenur Jatim ke rumah Pengamen Naik Haji.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi tekad bulat pengamen asal Probolinggo, Slamet Effendy (30) warga Desa Kerpangan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo yang mendaftar haji bersama ibunya dari hasil mengamen.

Kegigihan anak semata wayang Atmina ini pun menuai apresiasi dari semua kalangan, termasuk dalam hal ini Gubenur Khofifah melalui Dinas Sosial (Dinsos) Pemprov Jatim dengan memberikan bantuan.

Bersama dengan pilar-pilar kesejahteraan sosial, Khofifah berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten Probolinggo memberikan bantuan sembako dan bakti sosial berupa pemugaran dapur rumah Slamet Effendy.

Bantuan sembako dan pemugaran dapur rumah ini diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui pilar-pilar sosial, TKSK, PKH, dan Tagana.

Kepala Dinsos Provinsi Jawa Timur, Alwi menyampaikan bantuan ini merupakan sebuah apresiasi dari Gubernur Jawa Timur atas upaya dan semangat yang ditempuh Slamet Effendy sebagai putra semata wayang Atmina untuk mendaftar haji bersama ibunya.

“Dengan itu, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan melihat kondisi keberadaan secara nyata,” katanya.

Sementara, Slamet Effendy mengaku keinginan untuk mendaftar haji bersama ibunya ini merupakan niat ikhlas dan hasil jerih payahnya selama 10 tahun agar bisa berangkat ke tanah suci. “Alhamdulillah, saya dan Ibu sudah resmi mendaftar haji,” katanya.

Menurut Slamet, uang pendaftaran bernilai puluhan juta itu hasil mengamen selama 10 tahun terakhir. Slamet yang tidak tamat SD ini memang bercita-cita melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekkah.

Slamet tidak sampai tamat SD lantaran sang ayah meninggal karena sakit. Sementara sang ibu juga tidak berpenghasilan tetap dan hanya mengandalkan upah memijat orang dewasa.

Setiap hari Slamet bekerja keras membantu sang ibu. Ia berjuang memperoleh penghasilan dari mengamen, selain suka membantu tetangga.

“Uang yang saya bayarkan adalah hasil jerih payah mengamen. Itu pun saya tabung kepada ibu. Sedikit demi sedikit uang yang terkumpul selama 10 tahun digunakan untuk mendaftarkan haji. Saya mendaftarkan ibu terlebih dahulu di tahun 2018. Berlanjut mendaftarkan haji untuk diri saya pada hari Kamis tanggal 3 September 2020,” kata Slamet.

Slamet menyampaikan, hasil yang tidak menentu dalam kesehariannya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sisanya dikumpulkan untuk keinginan mulianya mendaftarkan haji.

“Sehari-hari saya kadang selalu membantu pada acara selamatan atau pengajian yaitu membantu menggelar tikar dan lain-lainnya,” ungkapnya. (ndi/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...