Tertular Dokter Hewan Tinggi Mobilitas, Total 6 Pegawai Disnakan Kabupaten Blitar Terpapar Corona

Tertular Dokter Hewan Tinggi Mobilitas, Total 6 Pegawai Disnakan Kabupaten Blitar Terpapar Corona Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Blitar . (foto: ist).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Perkantoran kembali menjadi sasaran penularan Covid-19 di Kabupaten . Kali ini, enam pegawai Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten dinyatakan positif Covid-19. Hal ini membuat Kantor Disnakan Kabupaten di Jalan Cokroaminoto Kota itu ditutup selama sepekan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten , Krisna Yekti mengatakan, tertularnya enam orang pegawai Disnakan ini berawal dari seorang dokter hewan yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kemudian, pihaknya menindaklanjuti dengan melakukan rapid test massal. Dari rapid test massal itu ditemukan 17 pegawai reaktif.

"Dari 17 ini, ada 5 yang reaktif mereka di antaranya satu dokter hewan, dua paramedik, dan dua bagian keuangan. Kemudian, ditindaklanjuti dengan swab test ternyata hasilnya positif. Jadi dengan satu dokter hewan yang sudah positif sebelumnya, total yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Disnakan menjadi 6 orang. Semuanya tanpa gejala," papar Krisna, Minggu (13/9/2020).

Krisna mengungkapkan, pihaknya kesulitan untuk melakukan tracing dari mana dokter hewan tersebut tertular Covid-19. Pasalnya, mobilitas dokter hewan yang pertama terpapar ini cukup tinggi. Namun, untuk kontak erat keenam pegawai yang positif ini terus dilakukan. Sementara 6 pegawai yang terkonfirmasi positif telah menjalani isolasi mandiri di Gedung LEC di Kecamatan Garum.

"Kami sedang melakukan tracing siapa saja yang kontak erat dengan enam orang ini. Nah, untuk kantornya memang kami rekomendasikan untuk ditutup sejak Selasa tanggal 8 sampai Selasa 15 September 2020," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Disnakan Kabupaten bukan instansi pertama di bawah Pemkab yang menjadi klaster penularan Covid-19. Sebelumnya, pegawai sejumlah instansi juga dinyatakan positif terpapar Covid-19. Di antaranya BNN Kabupaten , kemudian bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim), Kantor Inspektorat, Kantor Dinas Kesehatan, Kantor Satpol PP, dan kini Disnakan.

Hingga Minggu, 13 September 2020 tercatat jumlah akumulasi pasien positif Covid-19 di Kabupaten sebanyak 458 orang. Dari total tersebut, 383 dinyatakan sembuh, 41 dalam pemantauan, dan 34 meninggal dunia. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO