PT Smelting Gelontor CSR Rp 1 M untuk APBDes Roomo Gresik

PT Smelting Gelontor CSR Rp 1 M untuk APBDes Roomo Gresik Tatsuya Inoue bersama Moh Qosim ketika menyerahkan CSR. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com menggelontorkan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp 1 miliar untuk menopang sumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur Bisnis dan Pemasaran Tatsuya Inoue kepada Kepala Desa Roomo bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), disaksikan oleh Wabup Gresik Moh. Qosim, sejumlah kepala OPD, Muspika Manyar, tokoh masyarakat, dan ratusan warga di Gedung Parkir Sub-Contractor Lt.2 PT. Smelting, Rabu (19/8).

Menurut Tatsuya Inoue, penyerahan CSR kepada Desa Roomo kali ini terbilang baru. Sebab, sebelumnya diberikan lewat Yayasan Sumur Giwang Roomo. Namun, saat ini diberikan lewat APBDes. 

"Desa Roomo yang merupakan desa terdekat dengan Smelting setiap tahun mendapatkan CSR Rp 1 miliar. Bantuan seperti itu sudah kami berikan sejak tahun 2014," ungkap Tatsuya Inoue.

Dijelaskan Tatsuya Inoue, bantuan yang diberikan selama ini dialokasikan untuk program kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan melalui Yayasan Sumur Giwang Roomo.

Tatsuya Inoue lebih jauh menyatakan bahwa pemberian CSR melalui APBDes ini sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014, tentang desa dan peraturan lain tentang hibah.

"Jumlah yang diserahkan kali ini Rp 571.382.000, sementara yang telah disalurkan sejak Januari-Agustus 2020 Rp 428.618.000," jelasnya.

Ia mengungkapkan, pemberian CSR ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan pemroduksi peleburan dan pemurnian tembaga tersebut. "Jadi, ini merupakan kontribusi kami untuk mensejahterahkan warga sekitar perusahaan, selain kontribusi lain kepada bangsa Indonesia," ungkapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO