Jumat, 30 Oktober 2020 23:00

Amphibi Jatim Siap Bersinergi dengan DLH Atasi Persoalan Lingkungan

Kamis, 30 Juli 2020 15:03 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Catur Andy
Amphibi Jatim Siap Bersinergi dengan DLH Atasi Persoalan Lingkungan
DPW Amphibi Jawa Timur saat berkunjung ke Dinas Lingkungan Hidup Jawa Timur. (foto: ist).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia (Amphibi) Jawa Timur, siap bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Timur untuk menangani persoalan lingkungan.

Hal itu dikatakan Ketua DPW Amphibi Jatim, Samsul Hadi saat silaturahim ke Kantor DLH Jatim, Senin (27/7/2020) lalu. Kunjungan pengurus Amphibi Jatim tersebut diterima Kepala Seksi Pengaduan DLH Jatim, Ainul Huri.

Ini adalah kunjungan pertama pengurus Amphibi Jatim setelah pandemi Covid-19. Mereka diterima di Rumah Lobi DLH Jatim karena masih masa pandemi.

Dalam kesempatan tersebut, Samsul Hadi kembali menegaskan kesiapan Amphibi untuk bersinergi dengan DLH Jatim menangani persoalan lingkungan. Menurut Samsul Hadi, lembaga independen seperti Amphibi sangat dibutuhkan untuk penanganan dan pencegahan lingkungan terutama dari industri.

"Sinergi lembaga independen dan DLH akan bisa menekan praktik pelanggaran lingkungan di Jatim," kata Samsul Hadi, Kamis (30/7/2020).

Samsul menambahkan, permasalahan lingkungan hidup di Jatim saat ini masih memprihatinkan. Apabila tidak ada pengawasan lembaga independen, pelanggaran persoalan lingkungan akan semakin parah. Ironisnya, berbagai persoalan lingkungan akan berhenti tak pernah terselesaikan.

Pihak DLH Jatim menyambut baik semangat Amphibi ini untuk penanganan lingkungan. Sebab, DLH memiliki keterbatasan dan tidak bisa menangani lingkungan sendirian. DLH siap membantu dan mengarahkan, supaya tidak terjadi kesalahan dalam menyikapi masalah.

"Kami setiap saat selalu siap menerima pengaduan dari perorangan atau lembaga mana pun, yang terpenting legalitas lembaga tersebut jelas," kata Ainul Huri.

Pada kesempatan tersebut, DPW Amphibi Jatim menyempatkan memberi cairan disinfektan dan hand sanitizer. Cairan disinfektan dan hand sanitizer tersebut adalah buatan Amphibi sendiri. (cat/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...