​Pemkot Mulai Tata Relokasi Pedagang Pasar Besar Batu

​Pemkot Mulai Tata Relokasi Pedagang Pasar Besar Batu Pasar Besar Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 3.200 pedagang Pasar Besar Batu (PBB) dalam waktu dekat ini akan direlokasi ke area parkir Stadion Brantas Kota Batu. Pedagang pasar pagi PBB ditempatkan di sebelah Barat Stadion Brantas, sementara pedagang PBB yang menempati kios-kios ditempatkan di sebelah Selatan stadion.

Kebijakan itu diambil karena Pemerintah Kota (Pemkot) Batu akan merevitalisasi pasar besar yang ada di Jalan Dewi Sartika. Pemerintah menilai lahan yang ada di kelurahan Temas kondisinya sudah tidak layak dan tampak rusak.

Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Pemkot Batu pada Rabu (29/7/2020) siang, melakukan pengukuran tempat bagi pedagang pagi PBB yang mendapatkan jatah lokasi di sebelah barat stadion.

Kepala Diskumdag Eko Suhartono mengatakan, untuk pedagang pasar pagi atau biasa disebut PKL Pasar Pagi berjumlah 1.097 pedagang.

"PKL Pasar Pagi ini akan Kita tempatkan di sisi barat stadion. Dan hari ini (kemarin) Kita melakukan cek lokasi sekaligus pengukuran di sana," ujar Eko Suhartono.

Di relokasi ini, kata Eko, para PKL pasar pagi ini mendapatkan jatah tempat lebih sempit dibanding di Pasar Besar Batu. Jika di pasar besar setiap pedagang mendapatkan tempat 4 meter persegi, maka di relokasi ini mereka diberi tempat 1x1,5 meter persegi.

Adapun alasan penempatan PKL pasar pagi di sisi Barat stadion yang notabene adalah jalan raya, dikarenakan ativitas PKL pasar pagi ini hanya berlangsung dini hari hingga pagi hari saja. Aktivitas mereka sudah berakhir pada pukul 07.30 WIB.

Simak berita selengkapnya ...