Sabtu, 05 Desember 2020 07:18

Pelaksaan Haji Dimulai, 1.000 Jemaah Tiba di Mina

Rabu, 29 Juli 2020 10:36 WIB
Editor: Choirul
Pelaksaan Haji Dimulai, 1.000 Jemaah Tiba di Mina
Seorang pejabat haji membakar dupa di Masjidil Haram Makkah. (foto: Reuters)

BANGSAONLINE.com – Sekitar 1.000 jemaah haji berkumpul di Mina, di luar Makkah, dan memulai pelaksanaan haji tahun ini.

Hari Tarwiyah (mengambil air) menandai awal haji. Tidak ada ritual besar, jemaah haji di Mina hanya berdoa dan merenung sampai matahari terbit pada hari Kamis.

Mina, 7 km Timur Laut dari Masjidil Haram di Makkah, tahun lalu dipadati 2,5 juta jemaah haji. Namun, kali ini berkurang drastis.

Adapun mereka yang berhaji tahun ini, sebelumnya telah dikarantina dulu. Begitu tiba di Makkah, semua barang bawaan mereka juga disemprotkan disinfektan.

Otoritas haji sendiri telah menutup Kabah. Jemaah haji tidak diizinkan menyentuhnya, untuk membatasi kemungkinan infeksi. Mereka juga telah mendirikan pusat kesehatan khusus, klinik keliling, dan ambulans untuk merawat para peziarah yang akan diminta untuk mengenakan topeng dan menjaga jarak sosial.

Mereka diberi perlengkapan kenyamanan. Antara lain kerikil yang sudah disterilkan untuk ritual lempar Jamarat, disinfektan, masker, sajadah dan ihram, pakaian putih mulus yang dikenakan oleh para peziarah.

Pada Kamis besok, para peziarah akan melakukan perjalanan ke Arafat untuk mendengarkan khotbah, puncak haji. Mereka kemudian pergi ke Muzdalifah dan bermalam, sebelum kembali ke Mina untuk ritual tempat Jamarat.

Zelkin, seorang peziarah Azerbaijan yang tinggal dan bekerja di Jubail, mengatakan: "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Saudi atas kesempatan ini pada saat yang sulit. Saya tahu sangat sulit ketika ada penyakit coronavirus di mana-mana, untuk membuat pengaturan semacam ini dalam waktu yang singkat."

"Aku tidak percaya ini. Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup. Ini bukan keberuntunganku, ini kehendak Allah dan aku mengikuti kehendak-Nya."

Sumber: arabnews.com
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Kamis, 03 Desember 2020 15:46 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...