Sabtu, 08 Agustus 2020 13:49

Pelaksaan Haji Dimulai, 1.000 Jemaah Tiba di Mina

Rabu, 29 Juli 2020 10:36 WIB
Editor: Choirul
Pelaksaan Haji Dimulai, 1.000 Jemaah Tiba di Mina
Seorang pejabat haji membakar dupa di Masjidil Haram Makkah. (foto: Reuters)

BANGSAONLINE.com – Sekitar 1.000 jemaah haji berkumpul di Mina, di luar Makkah, dan memulai pelaksanaan haji tahun ini.

Hari Tarwiyah (mengambil air) menandai awal haji. Tidak ada ritual besar, jemaah haji di Mina hanya berdoa dan merenung sampai matahari terbit pada hari Kamis.

Mina, 7 km Timur Laut dari Masjidil Haram di Makkah, tahun lalu dipadati 2,5 juta jemaah haji. Namun, kali ini berkurang drastis.

Adapun mereka yang berhaji tahun ini, sebelumnya telah dikarantina dulu. Begitu tiba di Makkah, semua barang bawaan mereka juga disemprotkan disinfektan.

Otoritas haji sendiri telah menutup Kabah. Jemaah haji tidak diizinkan menyentuhnya, untuk membatasi kemungkinan infeksi. Mereka juga telah mendirikan pusat kesehatan khusus, klinik keliling, dan ambulans untuk merawat para peziarah yang akan diminta untuk mengenakan topeng dan menjaga jarak sosial.

Mereka diberi perlengkapan kenyamanan. Antara lain kerikil yang sudah disterilkan untuk ritual lempar Jamarat, disinfektan, masker, sajadah dan ihram, pakaian putih mulus yang dikenakan oleh para peziarah.

Pada Kamis besok, para peziarah akan melakukan perjalanan ke Arafat untuk mendengarkan khotbah, puncak haji. Mereka kemudian pergi ke Muzdalifah dan bermalam, sebelum kembali ke Mina untuk ritual tempat Jamarat.

Zelkin, seorang peziarah Azerbaijan yang tinggal dan bekerja di Jubail, mengatakan: "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Saudi atas kesempatan ini pada saat yang sulit. Saya tahu sangat sulit ketika ada penyakit coronavirus di mana-mana, untuk membuat pengaturan semacam ini dalam waktu yang singkat."

"Aku tidak percaya ini. Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup. Ini bukan keberuntunganku, ini kehendak Allah dan aku mengikuti kehendak-Nya."

Sumber: arabnews.com
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...