Sabtu, 28 November 2020 11:32

​Kesadaran Bermasker Rendah, Polisi dan TNI di Blitar Turun Tangan

Jumat, 03 Juli 2020 12:32 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Akina Nur Alana
​Kesadaran Bermasker Rendah, Polisi dan TNI di Blitar Turun Tangan
Jajaran Polres Blitar Kota dan Kodim 0808 turun ke pasar-pasar tradisional untuk memberi imbauan dan mendisiplinkan pedagang dan pembeli yang tak bermasker.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kesadaran masyarakat untuk melindungi diri dari penyebaran Covid-19 dengan menggunakan masker ternyata masih rendah. Sadar dengan hal itu, polisi dan TNI terus menggiatkan pendisiplinan dan imbauan penggunaan masker, utamanya saat berada di ruang publik.

Seperti yang terlihat Jumat (3/7/2020) pagi, jajaran Polres Blitar Kota dan Kodim 0808 turun ke pasar-pasar tradisional untuk memberi imbauan dan mendisiplinkan pedagang dan pembeli yang tak bermasker.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, hal ini dilakukan karena masih rendahnya kesadaran masyarakat atas pentingnya penggunaan masker sebagai alat pelindung diri paling dasar. Tak hanya menyuruh masyarakat memakai masker, polisi dan TNI juga membawa stok 2.500 masker. Mereka yang kedapatan tidak memakai masker diberi arahan dan langsung dipakaikan masker.

"Bersama TNI kami melakukan kegiatan pendisiplinan dan imbauan penggunaan masker. Kami juga membagikan masker dalam rangka mendukung program 'Jatim Bermasker Jatim Sehat'. Hal ini perlu untuk dilakukan karena kesadaran masyarakat untuk mengenakan masker masih rendah. Padahal masker itu adalah alat pelindung diri paling dasar untuk memutus penyebaran Covid-19," tegas AKBP Leonard.

Dia menambahkan, kegiatan ini menyasar pasar-pasar tradisional di seluruh wilayah hukum Polres Blitar Kota yang meliputi 3 Kecamatan di Kota Blitar dan 6 Kecamatan di Kabupaten Blitar. Ada 10 pasar tradisional yang jadi pusat keramaian di pagi hari.

"Sasaran kami adalah pasar tradisional. Karena seperto diketahui aktivitas di pasar tradisional ini cukup ramai sehingga rawan adanya penularan hingga yang paling ditakutkan jari klaster baru," ujarnya.

Dia menegaskan, kedepan ketika ada masa penegakan disiplin protokoler kesehatan, para pedagang yang masih tidak memakai masker pasti akan kami tindak tegas. (ina/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...