Sabtu, 08 Agustus 2020 02:01

Peroleh Destana Award, ​Kelurahan Ketami Kota Kediri Dihadiahi Kentongan

Selasa, 30 Juni 2020 21:17 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Peroleh Destana Award, ​Kelurahan Ketami Kota Kediri Dihadiahi Kentongan
Kentongan yang diserahkan oleh Kasi PL BPBD Provinsi Jatim, Tiffany Rita Bawole kepada Lurah Ketami, F. Yeriastika.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri berhasil mendapatkan hadiah berupa kentongan dari BPBD Provinsi Jawa Timur. Kentongan ini diserahkan oleh Kasi PL BPBD Provinsi Jatim, Tiffany Rita Bawole kepada Lurah Ketami, F. Yeriastika, Selasa (30/6/2020) di Kantor Kelurahan Ketami.

Penghargaan Destana Award ini berhasil diraih Kelurahan Ketami berkat inovasi dari Kelurahan Ketami dan BPBD Kota Kediri dalam pengkajian risiko bencana, perencanaan penanggulangan bencana, pembentukan forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB), peningkatan kapasitas, serta laporan kegiatan.

“Kota Kediri menjadi salah satu dari 4 daerah di Jawa Timur yang menerima penghargaan Destana (Desa Tangguh Bencana) tingkat madya. Karena memang Kota Kediri memiliki kesiapsiagaan yang bagus dalam menghadapi bencana, seperti kebakaran lahan yang disimulasikan tahun kemarin,” ujar Tiffany saat ditemui di Kelurahan Ketami usai penyerahan kentongan.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kediri, Adi Sutrisno berharap dengan berhasilnya Kelurahan Ketami di Destana Award ini, bisa memacu kelurahan lain untuk membentuk kelurahan tanggap bencana.

“Harapan kami, 46 kelurahan di Kota Kediri bisa menjadi Destana. Kami juga mengimbau kepada pihak kelurahan, kecamatan, dan masyarakat untuk bekerja sama menyiapkan kelurahannya masing-masing, baik itu secara anggaran dana, SDM, maupun peralatan yang dibutuhkan berdasarkan potensi bencana di lingkungannya,” pungkas Adi.

Sebagaimana diketahui, Kelurahan Ketami merupakan satu-satunya kelurahan di Kota Kediri yang meraih penghargaan Destana Award tahun 2019. Sebenarnya, ada lima kelurahan di Kota Kediri yang diajukan oleh BPBD untuk mengikuti Destana Award, yakni Kelurahan Pojok, Kelurahan Burengan, Kelurahan Manisrenggo, Kelurahan Ketami, dan Kelurahan Singonegaran. Namun, hanya Kelurahan Ketami yang mendapatkan penghargaan sebagai Kelurahan Tangguh Bencana kategori Madya.

Penghargaan ini diberikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Surabaya pada bulan Oktober 2019 lalu. Selain menerima trofi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan sebesar 10 Juta, Kelurahan Ketami juga mendapatkan kentongan dari BPBD Provinsi Jawa Timur yang diberikan pada hari ini.

Sebelum pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, khususnya Kota Kediri, Pemkot Kediri telah membentuk beberapa Desa atau Kelurahan Tangguh Bencana (Destana). Dengan Destana ini, Pemkot Kediri mengharapkan meningkatnya kesiapsiagaan masyarakat terhadap suatu bencana yang tidak dapat diprediksi kapan datangnya, seperti halnya pandemi saat ini. (uji/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...