BHS Siapkan Program Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Sidoarjo

BHS Siapkan Program Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Sidoarjo BIDIK POTENSI: Bambang Haryo Soekartono (BHS) melihat budidaya ikan air tawar di Desa Dukuh Tengah Buduran, Senin (29/6). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Potensi budidaya ikan air tawar di Kabupaten Sidoarjo menjadi perhatian Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo Bambang Haryo Soekartono (BHS). Politikus Partai Gerindra ini menyiapkan sejumlah langkah sebagai program mengembangkan budidaya ikan air tawar.

Langkah pertama yang akan dilakukan BHS, melakukan normalisasi sejumlah sungai di Sidoarjo. Saat ini sejumlah sungai mengalami kedangkalan. "Bila saya diamanahi sebagai bupati, akan kita benahi sungai-sungai," kata BHS saat bertemu sejumlah pembudidaya ikan air tawar, di Desa Dukuh Tengah Kecamatan Buduran, Senin (29/6).

Kala bertemu BHS, beberapa pembudidaya ikan air tawar ini memang mengeluh kesulitan pasokan air karena sungai di dekat lahan mereka mengalami pendangkalan. Selain itu, kualitas air menurun diduga akibat pembuangan limbah pabrik. Akibatnya, pembudidaya mengambil air dari tempat lain sehingga biaya produksi bertambah.

BHS juga bakal mencari akar masalah terkait mahalnya harga pakan ikan yang dikeluhkan para pembudidaya tersebut. Apakah mahalnya harga pakan ikan akibat nilai dollar yang meningkat, atau faktor lainnya.

"Saya akan bertemu dengan pengusaha pakan ikan. Nanti kita akan cek. Kalau bahan baku pakan ikan dari dalam negeri, kok (harga) pakan ikan meningkat," cetusnya.

Pengembangan budidaya ikan air tawar, juga butuh peralatan pompa yang memadai. Saat bertemu dengan para pembudidaya di Desa Dukuh Tengah ini, BHS juga menerima keluhan soal pompa. Keluhan tersebut langsung direspons BHS dengan memberikan bantuan pompa.

"Sebelum jadi bupati, sudah saya siapkan pompa dari saya pribadi untuk pembudidaya di sini," tegas alumnus ITS Surabaya ini.

BHS juga menyiapkan langkah merespons keluhan soal pemasaran hasil panen ikan air tawar. Yakni anjloknya harga ikan air tawar yang dibeli murah oleh para tengkulak. BHS bakal berkoordinasi dengan Dinas Perikanan dan Dinas Perdagangan agar harga ikan air tawar tetap membawa untung bagi para pembudidaya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO