Jumat, 14 Agustus 2020 17:54

Tekan Lonjakan Covid-19, Camat Bangkalan Ajak Masyarakat Terapkan PHBS

Jumat, 26 Juni 2020 19:26 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Subaidah
Tekan Lonjakan Covid-19, Camat Bangkalan Ajak Masyarakat Terapkan PHBS
Camat Bangkalan, Cicik Fidiyah, S.E., saat di pemakaman pasien HK di Mlajah, Jum'at (26/6).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Menjadi wilayah terbanyak dengan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Camat Bangkalan, Cicik Fidiyah, S.E., mengajak masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Penerapan PHBS itu dikatakannya perlu dilakukan agar masyarakat dapat terhindar dari paparan virus Corona yang saat ini semakin masif perkembangannya.

"Pola hidup sehat ini perlu untuk dilakukan, seperti halnya rajin mencuci tangan, serta menggunakan masker jika melakukan aktivitas di luar rumah," ujarnya saat ditemui BANGSAONLINE.com, di lokasi Pemakanman Mlajah, Jumat (26/6/2020).

Oleh karenanya, ia sangat mendukung dengan adanya program kampung tangguh. Sebagai upaya mendisiplinkan masyarakat agar dapat disiplin mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

"Sebenarnya sudah banyak adanya kampung tangguh di sini. Sudah ada 2 kampung tangguh. Kemudian, dalam waktu dekat akan kembali kami luncurkan kampung tangguh di wilayah Pangeranan," jelasnya.

"Dengan adanya kampung tangguh ini, kami bisa mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat. Kalau dulu kan masyarakat tidak peduli dengan kesehatannya. Baru setelah ada kampung tangguh ini, sekitar 50 persen masyarakat sudah mulai menggunakan masker," terangnya.

Dikatakannya bahwa hingga saat ini tingkat kedisiplinan masyarakat memang masih rendah. Sebab, walaupun sudah dilakukannya sosialisasi tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan, masih banyak yang melanggar.

"Baru setelah ada banyak kejadian seperti ini, mulai sadar. Apalagi sekarang kan di masyarakat ada kubu percaya dan kubu tidak percaya," ungkapnya.

Oleh karenanya, ia selalu mengimbau kepada masyarakat agar bisa menjaga diri sendiri serta keluarga terdekat, supaya dapat terhindar dari penularan Covid-19.

"Karena sampai saat ini virus ini tidak ada obatnya. Maka dari itu obatnya itu berasal dari diri kita sendiri. Kalau kita sudah terkena virus tapi imun kita masih kuat, otomatis virus akan tetap menempel," pungkasnya. (ida/uzi/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...