Rabu, 16 Juni 2021 04:38

Dicanangkan sebagai Pesantren Tangguh, Gubernur Khofifah: Tebuireng Miliki Resonansi Nasional

Selasa, 16 Juni 2020 19:30 WIB
Editor: MMA
Dicanangkan sebagai Pesantren Tangguh, Gubernur Khofifah: Tebuireng Miliki Resonansi Nasional
KH. Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) memberikan cindra mata kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Ndalem Kasepuhan Pesantren Tebuirerng, Selasa (16/6/2020). foto: Tebuireng Online

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Para santri secara bertahap akan kembali ke pesantren masing-masing. Pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten pun, memberikan perhatian khusus, mengingat grafik pandemi coronavirus disease (Covid 19) yang masih tinggi. 

Apalagi Jawa Timur merupakan basis pesantren. Tak kurang 6.000 pesantren tersebar di 38 kabupaten dan kota di provinsi yang dipimpin Khofifah Indar Parawansa itu.

Karena itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur mencanangkan program Pondok Pesantren Tangguh Semeru (Sehat Aman Tertib Rukun). Salah satu pesantren yang ditunjuk adalah Pesantren Tebuireng Jombang.

Pencanangan Pesantren Tebuireng sebagai Pesantren Tangguh Semeru dilakukan dalam rangkaian kunjungan kerja Gubernur Jatim ke Kabupaten Jombang, Selasa (16/06/2020) siang. Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah dan Kapolda Jatim Irjen Pol. Mohammad Fadil Imran turut hadir mendampingi Khofifah dalam kunjungan tersebut. Tampak juga Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Kapolres Jombang AKBP Agung Setio Nugroho, Kejari Jombang Yulius Sigit Kristanto, dan Dandim Jombang Letkol Triyono.

BACA JUGA : 

Masuk dalam Kongres X, Gubernur Khofifah Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum IKA Unair

Covid-19 Varian Baru B1617 Asal India Masuk ke Bangkalan

Tiga Warga Jatim Terinfeksi Varian Baru Covid-19 Asal India

Kapolri dan Panglima TNI Gandeng Ulama dan Tokoh Masyarakat Tekan Angka Covid-19 di Bangkalan

Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Pengasuh Pesantren Tebuireng KH. Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) dan Nyai Hj. Lelly Abdul Hakim di Ndalem Kasepuhan. Setelah prosesi penyambutan dengan pengalungan surban untuk Gubernur, Pangdam, dan Kapolda, Pengasuh Pesantren Tebuireng dan Kapolres Jombang mempresentasikan kesiapan protokol Ponpes Tangguh di hadapan Forkopimda Jatim.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah menyebut Tebuireng sebagai pesantren yang memiliki resonansi dengan skala nasional. Untuk itu, mantan Menteri Sosial ini meminta agar Tebuireng bisa menjadi contoh dan membantu pemerintah dalam memberikan dawuh-dawuh terkait penanganan Covid-19.

Di hadapan rombongan Forkopimda, Gus Kikin memaparkan data mengenai kesiapan Pesantren Tebuireng menyongsong normal baru. Menurut dia, santri yang direncanakan akan kembali ke pondok pesantren adalah santri kelas akhir, baik jenjang SLTP maupun SLTA.

"Setelah datang, santri akan kita isolasi 14 hari di tempat khusus yang telah disediakan. Yakni di gedung Universitas Hasyim Asy'ari dan Ma'had Aly. Setelah 10 hari isolasi, akan kami adakan rapid test," ungkap Gus Kikin.

Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah mengaku berupaya sangat serius dalam membantu pesantren melindungi aset bangsa, yaitu santri dan kiai, dari bahaya Covid-19. Ia berharap, Pesantren Tebuireng yang legendaris bisa bekerja sama dengan pemerintah dan TNI/Polri.

"Nanti jangan kaget nggih kiai, kalau anggota TNI/Polri keluyuran di sini. Mereka akan melakukan evaluasi setiap harinya," ujarnya.

Widodo menegaskan sekali lagi bahwa santri adalah aset bangsa, sehingga harus benar-benar dijaga. "Kalau ada yang kena, kita pasti dipanggil ke Jakarta. Saya senang di sini tidak diberlakukan sungkem, demi kebaikan bersama," tambahnya.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran mengapresiasi Tebuireng yang cepat tanggap dengan membentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Baginya, dengan bantuan tim itu, semua langkah pencegahan dan pemenuhan protokol kesehatan dapat dilakukan.

Kapolda juga mengaku siap berkoordinasi secara berkelanjutan dengan pihak Tebuireng melalui pertemuan virtual dengan aplikasi Zoom. Hal itu akan ia gunakan untuk menambah ilmu, wawasan, silaturahmi, sekaligus melakukan evaluasi dan asesmen program Ponpes Tangguh Semeru.

"Saya ini kapolda baru sebulan empat hari. Mohon bimbingannya. Kami juga mohon doa agar kerja kami lancar dan segera kita dibebaskan dari corona," pintanya.

Selain Pesantren Tebuireng, kunjungan kerja Forkopimda Jatim juga menyosialisasikan Pesantren Tangguh ke Pondok Pesantren Tambakberas, Perusahaan Tangguh di PT DMA Nglames dan Kampung Tangguh, Desa Joho. (tim)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...