Sabtu, 11 Juli 2020 05:39

IWNU Persoalkan Rumdis Digunakan untuk Deklarasi Dukungan Pilkada, ini Klarifikasi Wabup Qosim

Rabu, 03 Juni 2020 14:26 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
IWNU Persoalkan Rumdis Digunakan untuk Deklarasi Dukungan Pilkada, ini Klarifikasi Wabup Qosim
Kolase Irfan Choirie dan Moh. Qosim.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sekretaris grup WhatsApp (WA) Inspirasi Warga Nahdlatul Ulama (IWNU) Kabupaten Gresik, Irfan Choirie, S.H., mempersoalkan rumah dinas (rumdis) Wakil Bupati Moh. Qosim yang diduga digunakan sebagai lokasi deklarasi dukungan untuk Pilbup Gresik 2020.

Sebelumnya, memang beredar foto sejumlah kiai dan tokoh masyarakat sedang berada di rumdis wakil bupati mendeklarasikan dukungan untuk Moh. Qosim, dan Asluchul Alif sebagai pasangan bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) Gresik.

"Kami sangat menyesalkan kalau rumdis dimanfaatkan untuk kepentingan Pilkada. Itu melanggar etika dan Undang-Undang Pilkada," ujar Irfan Choirie kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (3/6).

Irfan Choirie juga mempersoalkan bantuan sembako bergambar Wabup Moh. Qosim kepada warga terdampak virus Corona (Covid-19). "Sebagai warga NU, dan masyarakat awam, patut kami mempertanyakan soal bantuan sembako itu. Sebab, bantuan ini menimbulkan multitafsir, Pak Qosim selaku Wakil Bupati atau Ketua PKB Gresik," cetusnya.

Adik kandung politikus Nasdem Effendi Choirie ini mengingatkan Moh. Qosim selaku incumbent agar tak memanfaatkan kekuasaan dan fasilitas dinas untuk kepentingan politis Pilkada. "Sebab itu jelas dilarang dalam UU Pilkada," cetusnya.

Menanggapi tudingan Irfan Choirie, Moh. Qosim membantah adanya deklarasi dukungan kiai-kiai terhadap dirinya dengan Asluchul Alif di rumah dinas (rumdis). Menurut Qosim yang juga Ketua PKB Gresik ini, para kiai dan tokoh saat itu datang ke rumah dinasnya hanya untuk silaturahim.

"Mereka bersilaturahim. Kemudian beliau memberikan dukungan dan doa restu, masak dilarang," katanya kepada BANGSAONLINE.com memberikan klarifikasi, Rabu (3/6).

Qosim menyatakan, bahwa dirinya dan Alif belum bisa disebut calon di Pilbup Gresik, karena belum ada penetapan dari KPU. "Deklarasi juga belum. Penetapan di KPU juga belum. Tahapan-tahapan Pemilukada belum dilakukan sama sekali. Yang dipersoalkan apanya? Kalau dianggap melanggar, lalu yang saya langgar apa?," pungkasnya.

Sementara Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PKB Gresik, Moh. Abdul Qodir memberikan penjelasan soal bantuan sembako bergambar Moh. Qosim. Menurutnya, bantuan itu dari DPP PKB.

"Jadi, kami mendapatkan ribuan paket beras dari DPP. Bantuan itu tak ada hubungannya dengan Pemkab Gresik, baik dari dana APBD maupun CSR perusahaan. Jadi itu bantuan dari DPP PKB untuk diberikan kepada masyarakat dampak Covid-19," jelas Qodir. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...