Selasa, 15 Juni 2021 13:02

Desa Plosokerep di Jombang Lakukan Karantina Wilayah, 5 Orang Positif dan 15 Reaktif

Kamis, 28 Mei 2020 18:00 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Aan Amrulloh
Desa Plosokerep di Jombang Lakukan Karantina Wilayah, 5 Orang Positif dan 15 Reaktif
Persiapan dapur umum di Desa Plosokerep. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menindaklanjuti hasil rapat Bupati dan Wakil Bupati Jombang bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Rabu (27/05) malam, salah satu desa di kabupaten tersebut dilakukan karantina wilayah.

Karantina wilayah tersebut menyasar hanya pada satu RT yang berada di Desa Plosokerep, Kecamatan Sumobito. Hal itu dilakukan oleh Pemerintahan Daerah Kabupaten Jombang, lantaran banyaknya warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, Budi Winarno mengatakan, karantina wilayah ini diputuskan berdasarkan hasil rapid test yang sebelumnya dilakukan. Hasil rapid test yang diselenggarakan oleh Pemkab Jombang, dari 48 Kepala Keluarga (KK), dengan total 144 jiwa, ada 15 orang dinyatakan reaktif Covid-19.

“Pada Rabu (27/05) kemarin, 15 orang itu telah dilakukan swab di RSUD Jombang. Maka dari itu, hari ini Pemkab Jombang memutuskan untuk melakukan karantina wilayah,” ucapnya kepada jurnalis di Balai Desa Plosokerep, Kamis (28/05/20).

BACA JUGA : 

​Tangkal Covid-19, Warga Arosbaya Rajin Dzikir dan Burdah

Pasar Macet, Tiap Hari Ada Orang Meninggal, Warga Arosbaya Pakai Masker Rangkap Tiga

24 Meninggal, Bank dan Alfamart di Arosbaya Bangkalan Tutup, Lonjakan Covid-19 Meresahkan

Arosbaya Bangkalan Mencekam, Dulu Pakai Masker Ditertawakan, Sekarang Rangkap Tiga

Menurut penjelasan Budi, karantina wilayah dilakukan kepada salah satu RT yang ada di Desa Plosokerep untuk 14 hari ke depan. Masyarakat setempat tidak diperkenankan keluar, begitu juga warga luar dilarang masuk ke wilayah tersebut.

“Untuk itu, persiapan-persiapan yang dilakukan yakni mulai menyiapkan dapur umum, penyiapan sumber daya manusia (SDM), tenaga, yang nantinya akan menjaga selama 14 hari ke depan,” jelasnya.

Masih lanjut Budi, upaya-upaya yang dilakukan masyarakat beserta Pemda setempat, yakni bersama-sama gotong-royong mengerahkan seluruh tenaga maupun sumber daya yang ada untuk memotivasi warga Desa Plosokerep, agar bisa sadar maupun mengikuti protokol kesehatan.

“Ini salah satu bentuk peran dan fungsi saling menjaga dan melindungi antara satu warga dengan yang lain. Ini dibutuhkan kesadaran bersama,” tuturnya.

Sementara, hari ini dari beberapa tim gugus tugas melakukan upaya pembagian tugas. Tim pencegahan dan penanganan, mempersiapkan tempat isolasi bagi 15 warga yang dinyatakan reaktif, sambil menunggu hasil swab-nya keluar.

“Untuk sementara yang tidak dinyatakan reaktif, tetap tidak diperkenankan untuk keluar masuk dari lingkungan yang ditempati saat ini. Agar penyebaran serta penularan Covid-19 ini bisa diminimalisir,” tegas Budi.

Sebelumnya, terdapat 5 warga dari Desa Plosokerep yang terkonfirmasi positif Covid-19, serta sebanyak 15 warga dengan hasil reaktif saat dilakukan rapid test. Semuanya merupakan kasus transmisi lokal di desa tersebut. (aan/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...