Jumat, 14 Agustus 2020 17:30

Desa Plosokerep di Jombang Lakukan Karantina Wilayah, 5 Orang Positif dan 15 Reaktif

Kamis, 28 Mei 2020 18:00 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Aan Amrulloh
Desa Plosokerep di Jombang Lakukan Karantina Wilayah, 5 Orang Positif dan 15 Reaktif
Persiapan dapur umum di Desa Plosokerep. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menindaklanjuti hasil rapat Bupati dan Wakil Bupati Jombang bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Rabu (27/05) malam, salah satu desa di kabupaten tersebut dilakukan karantina wilayah.

Karantina wilayah tersebut menyasar hanya pada satu RT yang berada di Desa Plosokerep, Kecamatan Sumobito. Hal itu dilakukan oleh Pemerintahan Daerah Kabupaten Jombang, lantaran banyaknya warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, Budi Winarno mengatakan, karantina wilayah ini diputuskan berdasarkan hasil rapid test yang sebelumnya dilakukan. Hasil rapid test yang diselenggarakan oleh Pemkab Jombang, dari 48 Kepala Keluarga (KK), dengan total 144 jiwa, ada 15 orang dinyatakan reaktif Covid-19.

“Pada Rabu (27/05) kemarin, 15 orang itu telah dilakukan swab di RSUD Jombang. Maka dari itu, hari ini Pemkab Jombang memutuskan untuk melakukan karantina wilayah,” ucapnya kepada jurnalis di Balai Desa Plosokerep, Kamis (28/05/20).

Menurut penjelasan Budi, karantina wilayah dilakukan kepada salah satu RT yang ada di Desa Plosokerep untuk 14 hari ke depan. Masyarakat setempat tidak diperkenankan keluar, begitu juga warga luar dilarang masuk ke wilayah tersebut.

“Untuk itu, persiapan-persiapan yang dilakukan yakni mulai menyiapkan dapur umum, penyiapan sumber daya manusia (SDM), tenaga, yang nantinya akan menjaga selama 14 hari ke depan,” jelasnya.

Masih lanjut Budi, upaya-upaya yang dilakukan masyarakat beserta Pemda setempat, yakni bersama-sama gotong-royong mengerahkan seluruh tenaga maupun sumber daya yang ada untuk memotivasi warga Desa Plosokerep, agar bisa sadar maupun mengikuti protokol kesehatan.

“Ini salah satu bentuk peran dan fungsi saling menjaga dan melindungi antara satu warga dengan yang lain. Ini dibutuhkan kesadaran bersama,” tuturnya.

Sementara, hari ini dari beberapa tim gugus tugas melakukan upaya pembagian tugas. Tim pencegahan dan penanganan, mempersiapkan tempat isolasi bagi 15 warga yang dinyatakan reaktif, sambil menunggu hasil swab-nya keluar.

“Untuk sementara yang tidak dinyatakan reaktif, tetap tidak diperkenankan untuk keluar masuk dari lingkungan yang ditempati saat ini. Agar penyebaran serta penularan Covid-19 ini bisa diminimalisir,” tegas Budi.

Sebelumnya, terdapat 5 warga dari Desa Plosokerep yang terkonfirmasi positif Covid-19, serta sebanyak 15 warga dengan hasil reaktif saat dilakukan rapid test. Semuanya merupakan kasus transmisi lokal di desa tersebut. (aan/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...