Minggu, 24 Januari 2021 18:59

40 Pedagang Pasar Basah Trenggalek di-Rapid Test, Seluruhnya Nonreaktif

Jumat, 22 Mei 2020 20:21 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
40 Pedagang Pasar Basah Trenggalek di-Rapid Test, Seluruhnya Nonreaktif
Suasana saat rapid test di Pasar Basah Trenggalek. (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Komidag (Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan) dan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, bekerja sama menggelar rapid test di Pasar Basah Trenggalek, Jumat (22/5/2020).

Saeroni, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Trenggalek mengatakan, rapid test yang digelar pertama kali ini, dalam rangka untuk mendeteksi Covid-19 di pasar.

"Kegiatan hari ini adalah rapid test di Pasar Basah yang tujuannya screening untuk mendeteksi adanya virus corona di pasar," kata Saeroni di Pasar Basah Trenggalek.

Menurutnya, dengan adanya screening ini diharapkan bisa diketahui petunjuk awal, apakah ada yang reaktif atau tidak. Dalam rapid test ini, diambil sampling 40 pedagang untuk dilakukan rapid test. Hasilnya, mereka seluruhnya dinyatakan nonreaktif Covid-19.

Saeroni juga menyampaikan, rapid test ini akan digelar secara berkelanjutan di beberapa pasar di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Sementara itu, Kepala Dinas Komidag Trenggalek, Agus Setiyono menerangkan, selain rapid test, pihaknya pagi tadi telah melaksanakan kegiatan penertiban pemakaian masker di beberapa pasar, di antaranya Pasar Bendorejo, Pasar Kamulan, dan Pasar Basah.

Soal rapid test di Pasar Basah, Agus menjelaskan, sebelum 40 pedagang menjalani rapid test, mereka semua dibekali face shield atau tameng muka secara gratis. Dalam rapid test ini, tidak diklasifikasikan siapa yang akan di-rapid test.

"Kita ambil secara acak tadi (dalam rapid test), kita tidak melihat usianya, ketika dia pedagang di Pasar Basah, ya kita tawari," jelas Agus.

"Rencana besok pagi juga akan kita lakukan rapid test di Pasar Subuh, kemudian siangnya kita lanjutkan di Pasar Kamulan," tutupnya. (man/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...