40 Pedagang Pasar Basah Trenggalek di-Rapid Test, Seluruhnya Nonreaktif

40 Pedagang Pasar Basah Trenggalek di-Rapid Test, Seluruhnya Nonreaktif Suasana saat rapid test di Pasar Basah Trenggalek. (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Komidag (Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan) dan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, bekerja sama menggelar rapid test di Pasar Basah , Jumat (22/5/2020).

Saeroni, Plt. Kepala Dinas Kesehatan mengatakan, rapid test yang digelar pertama kali ini, dalam rangka untuk mendeteksi Covid-19 di pasar.

"Kegiatan hari ini adalah rapid test di Pasar Basah yang tujuannya screening untuk mendeteksi adanya virus corona di pasar," kata Saeroni di Pasar Basah .

Menurutnya, dengan adanya screening ini diharapkan bisa diketahui petunjuk awal, apakah ada yang reaktif atau tidak. Dalam rapid test ini, diambil sampling 40 pedagang untuk dilakukan rapid test. Hasilnya, mereka seluruhnya dinyatakan nonreaktif Covid-19.

Saeroni juga menyampaikan, rapid test ini akan digelar secara berkelanjutan di beberapa pasar di wilayah Kabupaten .

Sementara itu, Kepala Dinas Komidag , Agus Setiyono menerangkan, selain rapid test, pihaknya pagi tadi telah melaksanakan kegiatan penertiban pemakaian masker di beberapa pasar, di antaranya Pasar Bendorejo, Pasar Kamulan, dan Pasar Basah.

Soal rapid test di Pasar Basah, Agus menjelaskan, sebelum 40 pedagang menjalani rapid test, mereka semua dibekali face shield atau tameng muka secara gratis. Dalam rapid test ini, tidak diklasifikasikan siapa yang akan di-rapid test.

"Kita ambil secara acak tadi (dalam rapid test), kita tidak melihat usianya, ketika dia pedagang di Pasar Basah, ya kita tawari," jelas Agus.

"Rencana besok pagi juga akan kita lakukan rapid test di Pasar Subuh, kemudian siangnya kita lanjutkan di Pasar Kamulan," tutupnya. (man/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO