Senin, 28 September 2020 06:26

Tambah Check Point di Wadungasri, Kawasan Waru Jadi Perhatian Polresta Sidoarjo

Selasa, 05 Mei 2020 16:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Tambah Check Point di Wadungasri, Kawasan Waru Jadi Perhatian Polresta Sidoarjo
Pemeriksaan identitas di Pos Polantas Waru.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - "Di perbatasan Waru, susah diatur. Warga seperti tidak takut Corona. Seolah tidak ada apa-apa," keluh Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji menyampaikan hasil evaluasi tujuh hari penerapan jam malam di kota delta.

Sudah tiga malam Sumardji nyanggong di Desa Wadungasri, Waru. Dia memelototi pemberlakuan jam malam. Namun, setiap hari, ada saja yang terjaring penindakan. Warga asyik nyangkruk di warkop.

"Mulai yang tua hingga pemuda santai-santai saja. Padahal ada jam malam," ucapnya saat ditemui di Mapolresta kemarin (5/5).

Wajar saja bila Sumardji resah. Sebab, dari data pemkab, penyebaran Corona di Waru terus melonjak. Bahkan saat ini, Waru sudah menyalip pusat kota.

Jumlah warga Waru yang positif terpapar covid-19 mencapai 23 orang. Selisih satu orang dengan Sidoarjo. Jika dibiarkan, tentu angkanya semakin melejit.

Sumardji menuturkan, kini kawasan Waru menjadi perhatian utama. Pihaknya menambah check point di Wadungasri. Tepatnya di perempatan menuju Pasar Wadungasri.

Lokasi itu dipilih lantaran titik tersebut merupakan akses utama. Warga yang hendak ke Sedati dan Gedangan melintasi jalur itu. "Setiap malam kami jaga," ujarnya.

Pukul 21.00, pembatasan berjalan. Seluruh pengendara yang melintas diperiksa. Polisi tak segan menindak warga yang keluyuran tak jelas saat jam malam.

Pria asal Nganjuk itu juga menyampaikan hasil evaluasi sepekan pelaksanaan PSBB. Ada kelebihan dan kekurangan. Dari segi kelebihan, kampung-kampung mulai mengikuti anjuran Polresta Sidoarjo. Pukul 21.00, gang ditutup. Aktivitas berhenti.

Untuk kekurangan, Sumardji menilai nasyarakat masih abai. Meski ada jam malam, warga tetap berkerumun di warkop. "Berulang kali ditertibkan, besoknya kembali lagi," paparnya.

Ke depan, dia mengusulkan pada pemkab mengambil tindakan tegas. Warkop dan warung makanan yang bandel dikenakan sanksi tegas. "Harus ditutup. Cabut izinnya," tegas mantan Kasubdit Regident Polda Metro Jaya itu.

Sementara itu, Kasatpol PP Widiyantoro Basuki berjanji menindak tegas pelanggar PSBB. Dia menyontohkan warung dan warkop. Pelaku usaha yang bandel dikenakan surat teguran. "Kalau melanggar lagi, pemilik usaha kami panggil," ucapnya.

Wiwit, sapaan akrab Widiyantoro menuturkan, pemkab sejatinya sudah memberikan surat edaran. Isinya mengimbau warkop dan warung tutup saat jam malam. "Setelah pukul 21.00 harus tutup," tuturnya.

Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mendukung langkah Polresta Sidoarjo. Wilayah perbatasan Kota delta harus diperketat. "Untuk menekan penyebaran kami meminta warga mentaati jam malam," ucapnya. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Minggu, 27 September 2020 12:13 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...