Wabup Qosim Serahkan BLT DD Dampak COVID-19 di 4 Desa

Wabup Qosim Serahkan BLT DD Dampak COVID-19 di 4 Desa Wabup Gresik Moh. Qosim menyerahkan simbolis BLT DD di Desa Sidorejo, Bungah. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com, Moh. Qosim menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) 2020 di empat desa, yakni Desa Sidorejo Kecamatan Bungah, Desa Baron Kecamatan Dukun, Desa Dadapkuning dan Desa Kambingan Kecamatan Cerme.

Untuk pencairan BLT DD dampak pandemi virus Corona (COVID-19) ini masing-masing penerima mendapatkan uang Rp 600 ribu.

Pencairan BLT DD ini sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendesa PDTT) Nomor 6 tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Nomor 11 Tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 dan Peraturan Menkeu nomor 40/PMK.07/2020.

Wabup berpesan agar penerima BLT DD ini memanfaatkan uang tersebut untuk membeli kebutuhan pokok. "Belilah beras dan kebutuhan pokok yang lain. Yang penting kebutuhan pangan selama sebulan ke depan bisa aman. Jangan dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak penting," ujarnya.

Ia juga menyampaikan beberapa hal penting untuk menghindari tertularnya virus Corona. Yakni selalu cuci tangan pakai sabun, selalu menggunakan masker, jaga jarak, dan menghindari kerumunan massa. 

"Pemkab Gresik saat ini tengah melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bila saat ini pada setiap pos cek poin hanya sekadar memberikan imbauan dan teguran, maka mulai besok akan ditegur dan diberi tindakan," jelasnya.

Pada kesempatan ini, wabup juga meminta para kepala desa (kades) untuk memastikan warganya tidak ada yang kelaparan. "Silakan laporan kepada aparat bila menjumpai warga yang kelaparan," pintanya.

Camat Bungah Kiki Nuryadi mengatakan, jumlah penerima di Desa Sidorejo sebanyak 45 KK (kepala keluarga). Ia mengaku masih mengusulkan 69 KK lagi untuk diajukan mendapatkan dana dari APBD Pemkab Gresik.

Sementara Camat Cerme, Suyono menambahkan bahwa pihaknya sudah mencairkan BLT DD di 2 desa, yaitu Dadapkuning sebanyak 100 KK dan Desa Kambingan sebanyak 89 KK. 

"Kami sudah melaksanakan musyawarah desa (Musdes) pada semua desa sebagai syarat pencairan dana BLT DD ini. Sampai saat ini semua data penerima di Kecamatan Cerme sudah terdata di Bank Jatim. Tinggal nunggu waktu giliran saja," pungkasnya. (hud/ian)   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO