Khofifah: Gus Dur Minta Batu Nisannya Ditulisi: "The Humanist Died Here".

Khofifah: Gus Dur Minta Batu Nisannya Ditulisi: "The Humanist Died Here". foto: kompas.com

BangsaOnline - Menteri Sosial Indar Parawansa mengungkap amanah KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam haul ke-5 Presiden RI ke-4 itu di Pesantren Jombang Jawa Timur tadi malam.

Menurut , Gus Dur sebelum wafat berpesan agar nanti di batu nisannya ditulis "The Humanist Died Here".

Menurut , sebenarnya dirinya ingin menyampaikan pesan itu saat haul Gus Dur di Ciganjur. Tapi ia mengaku masih menimbang-menimbang dan ternyata belum berani menyampaikan saat haul digelar di Ciganjur.

"Ada amanat Gus Dur yang mudah-mudahan malam ini saya punya keberanian menyampaikan kepada keluarga beliau. Jadi sejak dua bulan sebelum wafat, tiga kali beliau pesan kepada saya. Mbak, kalau saya meninggal, tolong di batu nisan saya ditulisi "The Humanist Died Here," kenang .

Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan di era pemerintahan Gus Dur mengatakan, pesan tersebut telah dipendam lama dan tak ada seseorang pun yang mendapatkan pesan tersebut selain dirinya. Saat menyampaikan itu tampak terharu.

“Mumpung sekarang di dekat maqbarah (makam) Gus Dur saya sampaikan,” kata .

Bahkan minta untuk diberi ijin menulis sendiri di batu nisan Gus Dur meski dengan tinta yang akan terhapus karena pengaruh air hujan.

“Yang penting saya sudah bisa melaksanakan amanah itu,” kata .

Sumber: okezone.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO