Kabar Gembira, 67 dari 303 ODP di Trenggalek Dinyatakan Sehat

Kabar Gembira, 67 dari 303 ODP di Trenggalek Dinyatakan Sehat Plt. Kepala Dinkes Trenggalek, dr. Saeroni (kiri), dalam sebuah kesempatan. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Di tengah upaya pencegahan menyebarnya virus Corona () di Kabupaten , Dinas Kesehatan setempat menyampaikan kabar gembira.

Yakni, 67 dari total 303 ODP (Orang Dalam Pemantauan) dinyatakan sehat secara klinis. Pernyataan ini disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan , dr. Saeroni.

"Dari 303 ODP, ada 67 orang yang sudah dinyatakan selesai menjalani isolasi diri dan tidak ada gejala lebih lanjut mengarah ke ," kata Saeroni ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (30/3).

Menurutnya, ke-67 orang tersebut sebelumnya telah menjalani masa karantina di rumah masing-masing selama 14 hari ke belakang, dan dipantau secara terus menerus oleh petugas medis atau perawat dari Puskesmas. Hasilnya, mereka dinyatakan sehat.

Ia menjelaskan, seseorang dapat disebut ODP karena sebelumnya berasal dari daerah terjangkit , serta mengalami gejala seperti batuk, pilek, dan panas.

"Nah, karena mereka dari daerah terjangkit, maka harus kita waspada," cetusnya.

Menurut Saeroni, penyebab angka ODP di mengalami lonjakan karena banyaknya perantau dari daerah terjangkit atau zona merah pulang ke .

Mereka yang baru pulang dari daerah zona merah, sebagian sudah ada yang langsung memeriksakan diri ke puskesmas terdekat sewaktu tiba di . Karena itu, ia mengimbau kepada warga yang pulang dari merantau segera melapor ke RT ataupun desa agar diteruskan ke Dinas kesehatan.

"Jadi nanti cukup lapor saja, biar petugas kami yang datang ke rumah atau menghubungi call center 119," jelasnya. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO