Kamis, 29 Juli 2021 03:51

​Prajurit KRI Sampari-628 Peduli Covid-19 di Pulau Maringkik

Kamis, 19 Maret 2020 23:47 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri
​Prajurit KRI Sampari-628 Peduli Covid-19 di Pulau Maringkik

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto tentang aksi cegah dini terhadap penularan virus covid-19 atau yang terkenal dengan nama virus corona, prajurit KRI Sampari-628 memberikan sosialisasi kesehatan kepada penduduk di Pulau Maringkik.

Sosialisasi kesehatan dilakukan di sela rangkaian kegiatan Ekspedisi Laskar Nusantara 2020, yang telah memasuki etape ke-5 ini, di mana KRI Sampari yang sedang melaksanakan operasi siaga tempur laut dibawah kendali Gugus Tempur Laut Koarmada II terlibat langsung sebagai kapal markas tim yang terdiri dari karyawan Bank Indonesia.

KRI Sampari tiba di perairan Pulau Maringkik pada Selasa (17/3). Selanjutnya dengan menggunakan RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat) yakni semacam speed boat dan perahu nelayan setempat, tim ekspedisi mendatangi rumah penduduk.

“Hal ini dikarenakan tidak adanya dermaga yang memadai di daerah ini sebagai tempat sandar KRI Sampari,” ujar Komandan Letkol Laut (P) Wirasetyo Haprabu.

BACA JUGA : 

Koarmada II Pelajari Pengaruh Lingkungan Perang Anti Kapal Selam, Ini Tujuannya

​Menggelegar, Dentuman Meriam KRI Hasan Basri Pecahkan Kesunyian Laut Jawa

Pangkoarmada II Ajak Kapolda Jatim Keliling KRI Bima Suci, Kapal Layar Kebanggaan Bangsa

​Satgas OBS 2020 Sambut Tahun Baru 2021 di Geladak KRI Bima Suci

Sementara itu untuk sosialisasi tentang virus Covid-19, KRI Sampari menggandeng tim kesehatan dari Lanal Mataram yang dipimpin oleh Letda Laut (K/W) dr. Ardita. Dalam ceramahnya kepada penduduk Pulau Maringkik, dokter Ardita menjelaskan tentang pentingnya menjaga kesehatan pribadi masing-masing sebagai langkah awal untuk mencegah tertular virus corona.

Setelah menyampaikan informasi tentang virus corona, selanjutnya tim memperagakan cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan standar WHO yang diikuti secara kompak oleh masyarakat.

“Bapak dan Ibu semuanya saya anjurkan untuk sesering mungkin mencuci tangan , tidak hanya saat hendak makan atau selesai beraktivitas di kamar mandi. Jangan lupa cuci tangannya dengan sabun dan air bersih, dengan enam langkah yang sudah kita ajarkan tadi, “ terang Dokter Ardita.

“Kegiatan sosialisasi kesehatan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta mendapat antusiasme dan apresiasi dari masyarakat setempat. Semoga kita bisa melakukan hal yang sama saat melakukan layanan kas keliling di pulau lainnya,” pungkas Letkol Wirasetyo usai kegiatan. (dev/ian)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...