PBNU Ingatkan Janji Jokowi Soal Lahan Untuk Petani Miskin

PBNU Ingatkan Janji Jokowi Soal Lahan Untuk Petani Miskin Jokowi bersama Ketua PBNU Said Aqil Siradj. foto: republika.co.id

BangsaOnline.com - Setelah kunjungan Presiden Joko Widodo, Rabu (24/12) ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), ormas terbesar di Indonesia ini mendorong agar janji tanah untuk petani miskin segera direalisasikan.

“Kami sampaikan ke Pak Jokowi, di sektor pertanian sudah tidak mungkin lagi mengandalkan apa yang ada di Jawa. Peluang besar meningkatkan volume sawah ada di luar Jawa, salah satunya dengan memberikan lahan kepada petani miskin,” kata Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Muhammad Sulton Fatoni, Jumat (26/12).

Sulton menambahkan, dorongan tersebut sekaligus mengingatkan bahwa pemberian lahan pertanian ke petani miskin adalah janji Jokowi dalam kampanye pemilihan presiden lalu.

“Dan itu sejalan dengan salah satu rekomendasi Muktamar NU. Bukan reformasi agraria, tapi pemberian lahan pertanian secara gratis ke petani miskin,” tambahnya.

Dalam upaya pengentasan kemiskinan, masih kata Sulton, PBNU juga mendorong Jokowi untuk mengurangi bantuan sosial langsung dan menggantinya dengan program padat karya.

Program padat karya, diakuinya, pernah menuai sukses di era Orde Baru dan pemerintahan saat ini tak perlu ragu untuk menjalankannya kembali.

“Kelebihan padat karya adalah tidak terpengaruh dengan keharusan update jumlah masyarakat miskin. Padat karya terbukti pernah sukses menyasar masyarakat miskin dengan tepat, pemerintahan sekarang bisa menjalankannya kembali,” urai Sulton.

Sumber: republika.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO