Pemkot Blitar Akhirnya Tutup Lokasi Wisata Makam Bung Karno

Pemkot Blitar Akhirnya Tutup Lokasi Wisata Makam Bung Karno Tempat wisata Makam Bung Karno di Blitar saat dilakukan penyemprotan disinfektan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemerintah akhirnya menutup lokasi wisata Makam (MBK) menyusul merebaknya virus corona. Penutupan berlaku mulai 18 Maret hingga 29 Maret 2020. Selama ditutup, Pemkot melakukan sterilisasi area MBK dengan menyemprotkan cairan desinfektan.

"Sudah saya umumkan, sementara memang kita hindari konsentrasi massa dalam jumlah banyak. Sementara ditutup, kita kita manfaatkan untuk menyemprotkan desinfektan, kita sterilisasi," ungkap Plt Wali Santoso, Rabu (18/3/2020).

Selain MBK, juga menutup wisata Istana Gebang. Bangunan yang pernah ditinggali Presiden Soekarno itu juga mendapat perlakuan yang sama dengan MBK. Petugas mulai membersihkan ruangan dan menyemprotkan desinfektan selama ditutup.

"Istana Gebang juga sama, pokoknya semua lokasi yang sering dikunjungi masyarakat umum dalam jumlah massa yang cukup banyak. Kondisinya darurat jadi semua harus memahami dan mengerti situasi saat ini," imbuh Santoso.

Selain lokasi wisata, penyemprotan desinfektan juga akan dilakukan di tempat ibadah serta tempat pelayanan umum seperti bank, terminal dan stasiun.

"Termasuk sekolahan selama libur ini akan kami upayakan untuk disemprot agar nanti begitu siswa masuk sekolah kondisinya sudah steril," paparnya.

Sebelumnya, berencana tidak menutup lokasi wisata termasuk MBK. memiliki pertimbangan menjelang bulan Ramadhan biasanya jumlah kunjungan wisata akan berkurang sendirinya. Sehingga tidak diperlukan adanya penutupan. Namun melihat perkembangan situasi Pemkot akhirnya memutuskan untuk menutup lokasi wisata.

Sebelum ditutup, jumlah pengunjung di wisata Makam memang sudah menurun drastis semenjak merebaknya virus corona di Indonesia. Data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan jumlah pengunjung yang biasanya bisa mencapai 1.000 hingga 2.000 orang per hari, tinggal 500 orang per hari. (ina/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO