DKPP Sumenep Siap Kembangkan Pembibitan Domba di Pulau Sapudi

DKPP Sumenep Siap Kembangkan Pembibitan Domba di Pulau Sapudi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep, Ir. Bambang Heriyanto.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Selain akan mewujudkan Kampung Inseminasi Buatan (IB) di tiga Kecamatan, yakni Guluk-guluk, Ganding, dan Lenteng (Luganteng), Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sumenep tahun 2020 ini juga punya program peternakan domba di Pulau Sapudi.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep, Ir. Bambang Heriyanto, selain memiliki potensi sapi, ternyata di Pulau Sapudi sangat cocok mengembangkan peternakan domba. Bahkan, tidak tanggung-tanggung, DKPP akan menggandeng investor untuk mengembangkan peternakan domba di sana. 

“Kami akan menggandeng investor untuk mengembangkan domba sapudi, agar pemasarannya juga bisa dilakukan dengan baik,” ungkap Bambang, Senin (16/3).

Selama ini, kata Bambang, tidak banyak tahu jika domba sapudi sangat bagus dan layak untuk dikembangkan. Karena itu, pihaknya akan menggandeng berbagai pihak untuk mewujudkan program tersebut.

Terkait dengan pembibitan, ia mengaku akan ada program kemitraan. Di mana dalam pembibitan, pemeliharaan, hingga pemasarannya dilaksanakan melalui kemitraan. Nantinya ada penyedia bibit dari peternak sendiri yang akan dibantu juga bibit dombanya. Kemudian ada uptaker sebagai pembeli, perbankan serta ada dinas sebagai pembina teknis. 

“Untuk sementara, pembibitan domba ini kami fokus dulu di Pulau Sapudi. Nantinya bisa jadi akan berkembang luas keluar Pulau Sapudi,” tandasnya. (aln/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO