Bupati Malang Resmikan Museum Bambu dan PLTMH PIID-PEL

Bupati Malang Resmikan Museum Bambu dan PLTMH PIID-PEL Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M. saat meresmikan Museum Bambu dan PLTMH di Wisata Andeman Boonpring, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen Kabupaten Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M. meresmikan Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa-Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) Tahun 2019, berupa Museum Bambu dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) bertempat di Wisata Andeman Boonpring, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen kabupaten Malang, Minggu (1/3) sore.

Dalam persemian kali ini, Bupati Malang didampingi Rektor Universitas Muhamadyah Malang dan Head of Regional Bank Negara Indonesia (BNI) Kanwil Malang selaku penggagas didirikannya Museum Bambu dan PLTMH ini.

Bupati Malang juga melakukan peninjauan ruang turbin PLTMH yang didesain menghasilkan listrik kapasitas 13 ribu Watt, dengan debit mengalir 500 liter per detik dan tinggi jatuhnya air 3 meter.

PLTMH itu sudah dimanfaatkan untuk listrik 66 unit kios PKL dan 25 lampu penerangan/jalan di wisata Andeman Boonpring. Turbin ini dibuat dari hasil penelitian UMM dan dibiayai seluruhnya oleh BNI.

Bupati Malang menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak sehingga Museum Bambu dan PLTMH di Desa Sanankerto dapat diresmikan. “Status Desa Sanankerto yang merupakan Desa Wisata, juga akan semakin diperkuat dengan bertambahnya destinasi wisata ini. Karena wisatawan yang berkunjung, akan memiliki opsi tambahan obyek kunjungan. Tidak terbatas dalam konteks pariwisata, keberadaan PLTMH sekaligus juga akan menjadi salah satu sumber energi alternatif yang akan sangat membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat, utamanya masyarakat Desa Sanankerto dan sekitarnya,” terang Bupati.

“Jika melihat hal tersebut, sudah sepatutnya kesadaran seluruh pihak terhadap kelestarian lingkungan hidup juga harus ditingkatkan. Karena pada dasarnya lingkungan hidup yang terpelihara dengan baik akan memberikan manfaat positif yang begitu besar. Mari terus menjaga kelestarian alam, sehingga alam juga mampu menopang kehidupan manusia menuju pada peningkatan kesejahteraan yang semakin baik,” tuturnya. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO