130 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Pilbup Kediri Resmi Dilantik

130 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Pilbup Kediri Resmi Dilantik Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi saat melantik anggota PPK. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - KPU Kabupaten Kediri melaksanakan pelantikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020, Sabtu (29/2/2020) dengan masa kerja terhitung mulai Tanggal 1 Maret 2020.

Pelantikan 130 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi dan dilaksanakan di Hotel Grand Surya, Kota Kediri. Anggota PPK yang dilantik berjumlah 130 orang dari 26 Kecamatan tersebut sebelumnya telah diumumkan pada tanggal 26 Februari 2020 lalu.

“Pasca pelantikan mereka akan ada pembekalan sebelum terjun ke lapangan,” kata Anwar Ansori, Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Teknis Penyeleggaran, usai Pelantikan, kepada wartawan.

Menurut Anwar, anggota PPK yang sudah dilantik akan diberi kewenangan melakukan pleno untuk memilih ketua di tiap-tiap kecamatan, sekaligus merangkap sebagai anggota.

Saat ditanya soal anggota PPK yang diduga terdaftar sebagai pengurus parpol, Anwar menegaskan tidak ada keterlibatan nama-nama yang telah di lantik tersebut dengan parpol manapun.

“Sejak ditetapkan pada tanggal 26 Februari 2020, kami sudah mengklarifikasi hal tersebut pada pihak yang bersangkutan di tahap wawancara. Mereka juga sudah membuat surat pernyataan tidak terlibat dengan parpol. Tidak hanya itu, kami juga mendapatkan surat keterangan dari parpol yang bersangkutan,” ungkap Anwar.

Masih menurut Anwar, sebelumnya ada 15 orang yang terindikasi anggota parpol, namun sudah diklarifikasi dengan ketentuan yang berlaku, termasuk tanggapan dari masyarakat setelah dilakukan tes tulis dan wawancara.

Sementara itu, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno berharap kepada anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK yang baru dilantik agar bisa bekerja sesuai aturan yang berlaku.

"Semoga Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020 nanti, bisa berjalan dengan lancar, aman dan sukses," harap Bupati yang tidak bisa ikut pemilihan karena sudah menjabat selama 2 periode itu.

Hadir dalam pelantikan anggota PPK jajaran Forkompimda, Mantan Ketua dan mantan anggota KPU Kabupaten periode sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Kediri, dan undangan lainnya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO