KPU Pastikan Tak Ada Paslon dari Jalur Perorangan di Pilbup Gresik 2020

KPU Pastikan Tak Ada Paslon dari Jalur Perorangan di Pilbup Gresik 2020 Ahmad Roni, Ketua KPU Gresik. foto: independensi

GRESIK, BANGSAONLINE.com dipastikan tak ada pasangan calon yang maju dari jalur perorangan (independen). Pasalnya, hingga batas akhir entry syarat dukungan calon perorangan ke sistem informasi pencalonan (Silon) KPU, Minggu (23/2), tak satu pun calon yang konfirmasi atau mendatangi Kantor di Jalan Dr. Wahidin SH, Kebomas, untuk menyerahkan bukti dukungan.

"Hingga sekarang belum ada calon perorangan yang input data dukungan ke Silon KPU dan belum ada yang datang ke KPU," ujar Ketua Ahmad Roni kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (23/2).

Menurut Roni, jadwal input bukti dukungan untuk calon perorangan melalui Silon sudah dibuka sejak 19 Februari lalu. Untuk calon perorangan, disyaratkan menyerahkan bukti dukungan sebanyak 7,5 persen dari jumlah total Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Gresik yang mencapai kurang dari 1 juta atau lebih dari 900 ribu.

"Jadi, jumlah dukungan berupa surat pernyataan masyarakat dengan disertakan e-KTP sebanyak 69.529 orang. Sejauh ini, setelah kami lihat di Silon belum ada calon yang input data dukungan," terangnya.

Dikatakan Roni, aplikasi Silon dibuat untuk mempermudah pasangan calon perseorangan dan KPU untuk mengecek keabsahan data. "Silon ini sebagai upaya KPU agar transparan dalam pendaftaran calon," terangnya.

Selain diinput di Silon, kata Roni, calon perseorangan juga tetap harus menyerahkan data yang sama dalam bentuk fisik sebagai prasyarat pencalonan ke KPU. "Data berupa formulir dukungan masyarakat dan fotokopi KTP elektronik," paparnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO