Senin, 06 April 2020 11:35

Jombang Terima Penghargaan SAKIP Award

Senin, 27 Januari 2020 18:10 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Aan Amrulloh
Jombang Terima Penghargaan SAKIP Award
Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menunjukkan piagam SAKIP Award didampingi Wagub Jatim Emil Dardak.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memberikan penghargaan berupa SAKIP Award kepada Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Jombang.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan hasil evaluasi kinerja Pemkab Jombang selama tahun 2019 tentang pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang meningkat dari yang sebelumnya B, kini meraih predikat BB.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menerima langsung SAKIP Award tersebut dari Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB, Muhammad Yusuf Ateh, A.K., M.B.A. yang didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak di Inaya Putri Ballroom, Nusa Dua Bali, Senin (27/01/20).

“Alhamdulillah, yang pasti kita senantiasa bersyukur, karena penilaian SAKIP Pemkab Jombang tahun ini meningkat. Tentu, ini sesuai dengan target kita tahun sebelumnya yang menerima predikat B, dapat meningkat menjadi BB,” ucap Mundjidah Wahab usai terima piagam penghargaan SAKIP Award.

Menurutnya, SAKIP bukan hanya sebatas laporan terkait penyampaian anggaran, melainkan jalannya sistem pemerintahan, diawali dari mulai perencanaan, penganggaran hingga pemanfaatan yang terintegrasi.

“Sistem pemerintahan ini harus ter-planning, budgeting, lalu sampai ke pemanfaatannya. Jadi dalam hal ini, mulai hulu ke hilir,” tutur Bupati perempuan pertama di Jombang.

SAKIP sudah dimulai sejak tahun 2014, berdasarkan amanat UU No. 47/2013 tentang keuangan negara, PP No. 8/2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah, hingga PP No. 29/2004 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Untuk ke depannya, pelaksanaan SAKIP diharapkan bisa mencapai penilaian yang lebih tinggi. Mengingat, di bawah kepemimpinan Bupati Hj. Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Sumrambah, sistem pemerintahan di Jombang sudah diintegrasikan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dipantau langsung kinerjanya melalui Command Center.

“SAKIP itu kebutuhan, bukan kewajiban. Hal ini untuk mencapai titik transparansi kinerja yang sungguh-sungguh, yang mana ujungnya adalah kesejahteraan untuk masyarakat. Saya berharap untuk kedepannya bisa capai yang lebih tinggi lagi,” pungkas Bupati Jombang. (aan/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...