Senin, 17 Februari 2020 14:07

Wawali Respons Wacana Pemekaran Kelurahan dan Desa di Kota Batu

Jumat, 24 Januari 2020 10:25 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Agus Salimullah
Wawali Respons Wacana Pemekaran Kelurahan dan Desa di Kota Batu
Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso, S.H., M.M.

KOTA BATU, BANGSAONLINE. com - Munculnya wacana pemekaran sejumlah desa dan kelurahan di Kota Batu, mendapat respons positif Wakil Wali Kota Batu Ir. Punjul Santoso, S.H., M.M. Menurut ia, Pemkot Batu melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Batu sudah melakukan kajian terkait hal tersebut.

"Pemkot Batu melalui Bappelitbangda sudah melakukan kajian. Insya Allah sudah di-PAK-kan kemarin. Namun karena waktunya tidak nututi, pembahasannya diperpanjang hingga awal Februari," ujar Wawali Punjul, Jumat (24/1).

Ia menjelaskan, syarat untuk menjadi pemerintah kota sesuai dengan aturan Undang-Undang memang minimal harus memiliki 4 kecamatan. Sementara, saat ini Kota Batu memiliki 3 kecamatan, yakni Kecamatan Batu, Bumiaji, dan Junrejo.

"Dulu ada regulasi bahwa untuk wilayah Jawa tidak boleh ada pemekaran wilayah sebelum tahun 2019 karena ada Pemilu. Nah, sekarang kan sudah selesai Pemilu. Mudah-mudahan ini direspons pemerintah," terang dia.

Dikonfirmasi hal ini, Kepala Bappelitbangda M. Chori meminta BANGSAONLINE.com untuk konfirmasi ke Bagian Pemerintahan Pemkot Batu. "Tanya ke Bagian Pemerintahan mas," jawab M. Chori singkat via WhatsApp, Jumat (24/1).

Seperti diberitakan, beberapa wilayah di Kota Batu yang diwacanakan dimekarkan antara lain Kelurahan Sisir yang penduduknya sekitar 20 ribu jiwa, dan Kelurahan Temas yang memiliki sekitar 18 ribu jiwa. Bahkan muncul wacana pembentukan kecamatan baru.

Terakhir, muncul wacana pemekaran Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Selain pertimbangan luas wilayah yang mencapai 80,701 km2 dengan jumlah penduduk 9.930 jiwa, pertimbangan lainnya karena masyarakat, khususnya dari dusun Junggo dan Wonorejo menginginkan percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Desa Tulungrejo sendiri memiliki 5 dusun, yakni Dusun Kekep, dusun Gerdu, dusun Gondang, dusun Wonorejo dan Dusun Junggo. Jumlah penduduk Desa Tulungrejo terbanyak kedua di wilayah Kecamatan Bumiaji setelah Desa Giripurno yang mencapai 11.063 jiwa. (asa/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Kamis, 13 Februari 2020 12:49 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanTebar pesona! Itulah yang kini gencar dilakukan para calon wali kota Surabaya. Senyum mereka bertebaran di mana-mana. Di media sosial. Di baliho. Di media massa. Bahkan di selempitan koran.Bukan hanya senyum. Juga janji-janji. S...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...