Rabu, 19 Februari 2020 23:25

Antisipasi Bencana di Sumberbrantas, Wali Kota Batu Minta Tanam Pohon Pemecah Angin

Selasa, 21 Januari 2020 17:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Antisipasi Bencana di Sumberbrantas, Wali Kota Batu Minta Tanam Pohon Pemecah Angin
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko didampingi Wawali Punjul Santoso, Kepala SKPD, serta tokoh masyarakat saat meresmikan taman sehat Sumberbrantas, Selasa (21/1).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kondisi alam Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang rusak parah akibat terjangan angin puting beliung beberapa bulan lalu, mendapat perhatian serius Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Orang nomor satu di Kota Batu itu meminta instansi terkait berupaya maksimal mengantisipasi bencana serupa dengan melakukan penanaman pohon-pohon pemecah angin.

"Saya minta dinas terkait untuk memprioritaskan pohon-pohon pemecah angin yang ditanam di wilayah Desa Sumberbrantas. Salah satunya adalah cemara udang," ujar Dewanti Rumpoko seusai meresmikan taman sehat Desa Sumberbrantas, Selasa (21/1).

Menurutnya, keberadaan pohon pemecah angin itu sangat penting. Selain bisa memecah tiupan angin yang sekiranya membahayakan warga, pohon-pohon itu juga bisa menyerap air. "Lagi pula, pohon cemaranya di Sumberbrantas saat ini sudah jarang, sehingga perlu diperbanyak lagi," terangnya.

Dalam kegiatan peresmian taman sehat Sumberbrantas itu, Wali Kota bersama Forkompimda, dan kepala SKPD juga melakukan penanaman pohon di daerah terdampak. Sedikitnya ada 1.700 pohon yang ditanam secara simbolis dari sekitar 5.000 batang pohon yang akan ditanam oleh warga.

"Saya mengimbau masyarakat untuk menjaga lingkungannya masing-masing. Sebab tidak mungkin pemerintah daerah bisa membantu jika tanpa bantuan masyarakat juga," katanya.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Batu Arief Assiddiq mengatakan, penanaman ribuan pohon di Sumberbrantas serta pembuatan taman sehat ini merupakan kolaborasi DLH dengan Dinas Pertanian dan pihak Desa Sumberbrantas.

"Kami memanfaatkan momen musim hujan untuk melakukan penanaman pohon ini. Harapan kami, setelah pohon ditanam nantinya masyarakat yang merawat. Alhamdulillah, bapak Kapolsek dan Danramil telah siap mengawasi pohon-pohon yang baru ditanam ini," ujarnya.

Ditanya tentang taman sehat di Kota Batu, Arief mengatakan, rata-rata di tiap desa dan kelurahan sudah memiliki. Khusus di Sumberbrantas yang diresmikan wali kota, luasnya sekitar 2.000 meter persegi. Fasilitas yang tersedia berupa area bermain anak-anak dan fasilitas kesehatan.

"Rata-rata desa dan kelurahan sudah punya dua hingga tiga taman. Seperti di Sisir, Sumbergondo," ungkapnya. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Rabu, 19 Februari 2020 12:00 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTentang meru...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...