Senin, 28 September 2020 12:24

Antisipasi Bencana di Sumberbrantas, Wali Kota Batu Minta Tanam Pohon Pemecah Angin

Selasa, 21 Januari 2020 17:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Antisipasi Bencana di Sumberbrantas, Wali Kota Batu Minta Tanam Pohon Pemecah Angin
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko didampingi Wawali Punjul Santoso, Kepala SKPD, serta tokoh masyarakat saat meresmikan taman sehat Sumberbrantas, Selasa (21/1).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kondisi alam Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang rusak parah akibat terjangan angin puting beliung beberapa bulan lalu, mendapat perhatian serius Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Orang nomor satu di Kota Batu itu meminta instansi terkait berupaya maksimal mengantisipasi bencana serupa dengan melakukan penanaman pohon-pohon pemecah angin.

"Saya minta dinas terkait untuk memprioritaskan pohon-pohon pemecah angin yang ditanam di wilayah Desa Sumberbrantas. Salah satunya adalah cemara udang," ujar Dewanti Rumpoko seusai meresmikan taman sehat Desa Sumberbrantas, Selasa (21/1).

Menurutnya, keberadaan pohon pemecah angin itu sangat penting. Selain bisa memecah tiupan angin yang sekiranya membahayakan warga, pohon-pohon itu juga bisa menyerap air. "Lagi pula, pohon cemaranya di Sumberbrantas saat ini sudah jarang, sehingga perlu diperbanyak lagi," terangnya.

Dalam kegiatan peresmian taman sehat Sumberbrantas itu, Wali Kota bersama Forkompimda, dan kepala SKPD juga melakukan penanaman pohon di daerah terdampak. Sedikitnya ada 1.700 pohon yang ditanam secara simbolis dari sekitar 5.000 batang pohon yang akan ditanam oleh warga.

"Saya mengimbau masyarakat untuk menjaga lingkungannya masing-masing. Sebab tidak mungkin pemerintah daerah bisa membantu jika tanpa bantuan masyarakat juga," katanya.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Batu Arief Assiddiq mengatakan, penanaman ribuan pohon di Sumberbrantas serta pembuatan taman sehat ini merupakan kolaborasi DLH dengan Dinas Pertanian dan pihak Desa Sumberbrantas.

"Kami memanfaatkan momen musim hujan untuk melakukan penanaman pohon ini. Harapan kami, setelah pohon ditanam nantinya masyarakat yang merawat. Alhamdulillah, bapak Kapolsek dan Danramil telah siap mengawasi pohon-pohon yang baru ditanam ini," ujarnya.

Ditanya tentang taman sehat di Kota Batu, Arief mengatakan, rata-rata di tiap desa dan kelurahan sudah memiliki. Khusus di Sumberbrantas yang diresmikan wali kota, luasnya sekitar 2.000 meter persegi. Fasilitas yang tersedia berupa area bermain anak-anak dan fasilitas kesehatan.

"Rata-rata desa dan kelurahan sudah punya dua hingga tiga taman. Seperti di Sisir, Sumbergondo," ungkapnya. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Minggu, 27 September 2020 12:13 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...