Jumat, 28 Februari 2020 15:53

Delapan Parpol Belum Pastikan Calon yang Diusung di Pilbup Gresik 2020

Minggu, 19 Januari 2020 12:51 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Delapan Parpol Belum Pastikan Calon yang Diusung di Pilbup Gresik 2020
Ilustrasi

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Delapan partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPRD Gresik, yakni PKB, Gerindra, Golkar, PDIP, Nasdem, Demokrat, PPP, dan PAN hingga kini belum memastikan pasangan calon bupati (cabup) maupun calon wakil bupati (cawabup) yang akan diusung di Pilbup Gresik 2020.

Sejumlah parpol memang telah memastikan koalisi, namun mereka terkesan mengulur-ulur untuk mengumumkan pasangan calon yang bakal diusung.

Gerindra dan Demokrat misalnya, meski sudah sepakat berkoalisi dan memiliki 12 kursi di parlemen, mereka baru memproklamirkan Ketua Gerindra Gresik Asluchul Alif sebagai bakal calon bupati (bacabup). Sedangkan siapa yang bakal diusung menjadi bakal calon wakil bupati (bacawabup) belum dipastikan.

"Kami telah sepakati dalam koalisi tersebut mengusung Asluchul Alif sebagai bacabup untuk kami daftarkan ke KPU Gresik. Untuk bacawabupnya kami serahkan kepada bacabup (Asluchul Alif)," ujar Ketua DPC Demokrat Gresik, Eddy Santoso kepada BANGSAONLINE.com.

Sementara Golkar, Nasdem, dan PPP yang juga telah menggelar deklarasi koalisi, justru belum sepakat sama sekali untuk pasangan bacabup dan bacawabup yang diusung. Padahal, tiga parpol tersebut jika diakumulasi sudah mengantongi 16 kursi parlemen, sehingga bisa mengusung pasangan calon.

"Untuk siapa pasangan calon yang diusung masih menunggu kesepakatan parpol koalisi," kata Ketua DPD Golkar Gresik, Ahmad Nurhahim.

Anha, begitu panggilan akrabnya, mengungkapkan bahwa koalisi sejauh ini baru memmunculkan tiga bacabup. "Jadi, sudah jelas figur dari masing-masing parpol koalisi, Golkar  mengusung saya, Nasdem mengusung Tri Putro Utomo, dan PPP mengusung Ahmad Nadhir," terangnya.

Hal yang sama juga terjadi pada PKB dan PDIP. Dua parpol itu telah mengusung deklarasi koalisi kerakyatan, namun belum memastikan pasangan calon yang diusung. Kedua parpol itu juga telah mengantongi tiket untuk mengusung paslon, karena memiliki 19 kursi parlemen.

"PKB Gresik sepakat mengajukan Moh. Qosim (Ketua PKB) sebagai bacabup ke DPP. Sementara bacawabup banyak kiai yang mengusulkan Fandi Akhmad Yani (Ketua DPRD)," ujar Ketua Bapilu PKB Gresik, Moh. Abdul Qodir.

Dari delapan parpol parlemen, tinggal PAN yang masih terkesan pasif menyikapi Pilbup Gresik. "PAN kan cuma dapat tiga kursi, kita mengalir saja," ujar Sekretaris DPD PAN Gresik, Faqih Usman.

Sementara Ketua KPU Gresik, Ahmad Roni menegaskan bahwa Pilkada Serentak 2020 digelar pada 23 September 2020. KPU, lanjut Roni, juga telah merilis jadwal dan tahapan Pilkada serentak yang telah ditetapkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 tahun 2019.

"Untuk pendaftaran calon baik jalur perorangan (independen) maupun parpol sama, pada tanggal 16-18 Juni 2020," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (19/1).

Khusus untuk calon perseorangan, sebelum mendaftar harus memenuhi syarat jumlah dukungan e-KTP disertai surat pernyataan. "Calon perseorangan harus menyerahkan jumlah dukungan untuk diverifikasi oleh KPU mulai tanggal 19-23 Februari 2020," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...