Selasa, 31 Maret 2020 23:29

Bupati Gresik Pastikan Hanya Normalisasi Solusi Atasi Banjir Kali Lamong

Rabu, 08 Januari 2020 11:23 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Syuhud
Bupati Gresik Pastikan Hanya Normalisasi Solusi Atasi Banjir Kali Lamong
Bupati Sambari bersama pejabat Polda Jatim dan Forkopimda melihat kendaraan dalam apel kesiapsiagaan bencana alam hidrometeorologi. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyatakan, hanya normalisasi Kali Lamong yang bisa dilakukan untuk mengatasi banjir luapan Kali Lamong.

"Untuk normalisasi tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS)," ujar bupati saat memimpin apel kesiapsiagaan bencana alam hidrometeorologi di halaman kantor Bupati Gresik pada Rabu (8/1).

"Mari kita duduk bersama dan kita tidak saling menyalahkan. Kita saling berbagi tugas masing-masing, tugas apa yang kita laksanakan, normalisasi yang bagaimana, mari kita bicara yang lebih teknis. Karena untuk merealisasikan program ini tidak cukup setahun," ajaknya.

Menurut Bupati, wilayah Gresik yang dilalui Kali lamong sepanjang 50,7 kilometer. Sedangkan untuk melakukan normalisasi Kali Lamong, harus membebaskan tanah sekitar 500 hektare lebih. Perkiraan biaya pembebasan tanah tersebut sekitar Rp 594 miliar.

Dia lantas membeberkan tentang diterimanya surat dari Menteri Dalam Negeri terkait bencana banjir.

Ada 5 hal yang ditanyakan Menteri Dalam Negeri, yaitu pendirian posko kesiapsiagaan, menyiapsiagakan instansi dan koordinasi dengan TNI Polri, menyiapkan sarana prasarana, mengalokasikan belanja tak terduga untuk bencana, dan menyebar luaskan informasi potensi bencana yang dirilis BMKG kepada masyarakat.

"Terkait surat Menteri Dalam Negeri tersebut, kami tak hanya sekadar menjawab, tapi sudah kami laksanakan sejak awal," jelasnya.

Bupati mengaku telah menginventarisir wilayah potensi bencana banjir Kali Lamong, yaitu kecamatan Balongpanggang, Benjeng, Menganti dan Cerme. Sedangkan di perbatasan Kali Surabaya ada wilayah Wringinanom dan Driyorejo.

"Meski semalam masih ada genangan air, tapi pagi ini sesuai laporan masing-masing camat, untuk wilayah Balongpanggang air sudah surut. Cerme genangan air masih ada di Morowudi dan Iker-Iker Geger. Wilayah Benjeng genangan ada di Desa Deliksumber sedangkan jalan raya sudah surut. Ketinggian air 10-20 cm," pungkasnya.

Apel kesiapsiagaan juga dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim, seluruh anggota Forkopimda Gresik, Dansat Brimog Polda Jatim Kombespol I Ktut Gde Wijatmika, Asisten Teritorial Kasdam V Brawijaya Kol. Inf. Singgih Pambudi A, dan Danrem Kolonel Sudariyanto. (hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...