Siaga Bencana, Polres Jombang Cek Pasukan

Siaga Bencana, Polres Jombang Cek Pasukan Kapolres Jombang AKBP Boby Pa'ludin Tambunan saat cek Posko Siaga Bencana. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Guna mengantisipasi adanya bencana saat musim penghujan, Kepolisian Resort (Polres) Jombang melakukan pengecekan peralatan serta pasukan.

Pengecekan tersebut dilaksnakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH), yang berada di Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Minggu (05/01/20).

Kapolres Jombang, AKBP Boby Pa'ludin Tambunan dengan didampingi oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forpimcam) menuturkan, kegiatan ini untuk melihat kesiapan peralatan serta sumber daya manusia dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu terjadi.

"Kesiapan pasukan seperti apa, kemudian peralatan yang digunakan saat terjadi bencana sudah siap apa belum," ucapnya.

Satu per satu alat yang digunakan dalam menghadapi adanya bencana diperiksa oleh Kapolres. Mulai dari perahu karet, pelampung, alat selam, serta tenda-tenda posko bencana.

"Alat-alat untuk hadapi bencana sudah siap, termasuk juga ada dapur umum, posko BPBD, tenda untuk pengungsi juga," jelas Boby.

Sedikitnya ada sekitar 70 sampai 80 personil gabungan yang disiagakan di RTH Mojoagung. Di antaranya dari anggota Polri, TNI, BPBD, Tagana, serta para relawan.

Selain personel gabungan yang disiagakan di posko siaga bencana yang berada di RTH Kecamatan Mojoagung, juga didirikan tenda khusus oleh Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang diperuntukkan untuk menanggulangi anak-anak para korban bencana.

"Kita berterima kasih kepada KSB, karena para pemuda dan pemudi ini bersedia membantu dalam penanggulangan anak-anak korban bencana yang terjadi di kecamatan Mojoagung, yakni dengan cara trauma healing," pungkas Boby. (aan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO