Penjaringan Bacabup-Bacawabup PPP Ditutup, Dua Orang Tak Kembalikan Formulir

Penjaringan Bacabup-Bacawabup PPP Ditutup, Dua Orang Tak Kembalikan Formulir

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Penjaringan bakal calon bupati (bacabup) yang digelar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi ditutup, Rabu (11/12) dini hari. Selama pendaftaran dibuka, tercatat ada 13 bacabup yang mengembalikan formulir, dari 15 bakal calon yang sudah mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat PPP Jalan Melati, Kecamatan Kaliwates.

Dua orang yang tidak mengembalikan formulir tersebut adalah Muhammad Fawaid (Gus Fawaid) Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, dan Dima Akhyar mantan Ketua Panwaslu Jember.

Dari 13 bacabup yang mengembalikan formulir, selanjutnya pada tanggal 11 hingga 13 Desember 2019 akan diminta memperbaiki atau melengkapi berkas yang masih kurang.

"Tahapan pengambilan formulir dan pengembalian formulir pendaftaran bacabup melalui PPP sudah resmi ditutup pukul 12 tadi malam. Dari 15 bakal calon yang mengambil berkas, yang mengembalikan hanya 13 orang," kata Sekretaris DPC PPP Jember Abu Yazid Merdeka saat dikonfirmasi wartawan.

Yazid menjelaskan aslasan dua orang itu tak mengembalikan formulir pendaftaran. "Untuk Gus Fawaid (Muhammad Fawaid) karena beliaunya sedang di luar kota, dan pengembalian formulir harus yang bersangkutan, tidak boleh diwakilkan. Maka otomatis gugur, karena sudah sesuai dengan aturan yang kami tetapkan. Juga tidak boleh menyusul," jelasnya.

"Sementara untuk Pak Dima Akhyar, tidak ada alasannya kenapa tidak mengembalikan, dan tidak ada konfirmasi ke kami kapan akan mengembalikan," sambungnya.

Maka dengan dua bacabup tidak mengembalikan formulir, otomatis hanya 13 orang yang formulirnya diterima.

Lanjut Yazid, setelah pendaftaran dan pengembalian formulir, tahap selanjutnya masuk pada masa perbaikan berkas pendaftaran.

"Nantinya akan dilakukan selama 3 hari ini, mulai tanggal 11 hingga 13 Desember 2019. Setelah itu akan ada rapat pimpinan cabang khusus (rapimcabsus) PPP Jember untuk menyampaikan visi misi setiap bakal calon bupati dihadapan para anggota di tiap-tiap DPAC," ulasnya.

Namun untuk tanggalnya, Yazid masih belum menyebutkan pasti. "Karena masih dikonsultasikan ke DPW PPP. Kemungkinan akhir Desember ini," katanya.

"Tahap selanjutnya setelah Rapimcabsus, setiap berkas diserahkan ke DPW. Kemudian menunggu keputusan dari DPW PPP," imbuhnya. 

Berikut nama-nama 13 bacabup yang mengembalikan formulir pendaftaran melalui DPC PPP Jember:

1. H Hendy Siswanto

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO