Rabu, 19 Februari 2020 14:54

Atasi Masalah Distribusi Air di Manyarsidorukun, ini yang Dilakukan PDAM Gresik

Selasa, 10 Desember 2019 22:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Atasi Masalah Distribusi Air di Manyarsidorukun, ini yang Dilakukan PDAM Gresik
Siti Aminatus Zuriyah, Dirut PDAM Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Direktur Utama (Dirut) PDAM Gresik, Siti Aminatus Zuriyah merespons keluhan warga Manyarsidorukun Kecamatan Manyar terkait tak mengalirnya air wilayah tersebut.

Menurut Riza, begitu dia akrab disapa, tim PDAM langsung turun ke lokasi melakukan penanganan setelah Ahmad Salam, salah satu warga mengadu ke LBH Fajar Trilaksana, Senin (9/12) malam. "Sudah. Langsung kami respons dan tindaklanjuti ke lokasi," ujar Riza kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (10/12).

Riza tak menampik, kalau 3 bulan belakangan ini distribusi air PDAM ke Manyarsidorukun bermasalah. "Hal ini lantaran debit air kecil pada saat musim kemarau panjang tahun ini," ungkapnya.

Riza mengatakan, PDAM tak menarik biaya penggunaan air warga Manyarsidorukun selama tak mengalir. "Kami hanya kenakan abonemen Rp 2.500 per sambungan rumah tangga (SR) untuk administrasi saja," paparnya.

Untuk mengatasi distribusi air ke Manyarsidorukun, termasuk ke rumah Ahmad Salam, pihak PDAM telah membuat rekayasa. Namun demikian, distribusi air baru sampai di separuh rumah warga Manyarsidorukun.

"Rumah Pak Ahmad Salam itu kan paling ujung, dan air belum bisa sampai ke sana hingga Senin (9/12) malam. Tapi sekarang masih kami upayakan, malam ini sudah bisa," janjinya.

Dikatakan Riza, untuk menyuplai kebutuhan air ke Manyarsidorukun dan sekitarnya diambilkan air dari tandon di Desa Suci Kecamatan Manyar yang disuplai dari tandon Cerme. "Untuk distribusinya kami pakai pompa. Dan, warga mengambil air dengan sanyo," terangnya.

Ditambahkan Riza, bahwa turunnya suplai air ke Manyarsidorukun hanya terjadi sekitar tiga bulanan pada akhir musim kemarau ini. Di luar itu, air lancar. Sebab, debit air baku di luar tiga bulan itu masih naik.

"Saat ini, air baku turun. Terlebih, listrik sering padam, sehingga kalau listrik kembali nyala dan tekanan air kencang dari Legundi, Driyorejo pipa kerap bocor, sehingga mengganggu distribusi," katanya.

"PDAM saat ini telah bekerja sama dengan perusahaan daerah air bersih (PDAB) dan telah dilakukan lelang. PDAB ini yang membantu melayani Mojokerto, Lamongan, dan Gresik. Kami dapat jatah 50 liter per detik," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Rabu, 19 Februari 2020 12:00 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTentang meru...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...