Rabu, 22 Januari 2020 04:04

Kurangi BAB Sembarangan, Pemkab Pasuruan Kembali Gelontorkan Bantuan Jamban Gratis di 2020

Selasa, 10 Desember 2019 19:04 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Kurangi BAB Sembarangan, Pemkab Pasuruan Kembali Gelontorkan Bantuan Jamban Gratis di 2020
Bantuan jamban yang diberikan kepada masyarakat secara gratis.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mengurangi kebiasaan buruk masyarakat berupa buang air besar sembarangan (BABS), Pemkab Pasuruan pada tahun 2020 akan kembali memberikan bantuan jamban secara gratis bagi masyarakat. Total jamban yang disiapkan sebanyak 4.500 unit. Bantuan itu diutamakan bagi masyarakat yang rumahnya belum memiliki sarana WC.

Pemkab Pasuruan telah mengalokasikan anggaran Rp 6,75 miliar untuk pengadaan jamban tersebut. Program jamban gratis itu nantinya difokuskan pada desa yang masyarakatnya masih banyak BAB sembarangan.

Saat ini, pemkab melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melakukan identifikasi dan pendataan kepada masyarakat yang belum memiliki fasilitas jamban.

Kepala Dinkes Pasuruan, dr Agung Basuki yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com menuturkan, bahwa BAB sembarangan akan menyebabkan lingkungan tidak sehat, apalagi dilakukan di sungai atau saluran irigasi.

"Imbasnya di desa tersebut rentan terserang penyakit. Sanitasi yang buruk akan menyebabkan diare, typus, hepatitis, demam berdarah, penyakit malaria, dan penyakit lainnya,“ jelas Agung.

Terpisah, Ir. Haryaprianto Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kabupaten Pasuruan menuturkan program jamban gratis sudah dilakukan pada 2019. 

Pada tahun lalu, Pemkab Pasuruan memberikan jamban gratis bagi 3.000 KK yang tersebar di 14 Kecamatan di 37 Desa. Hampir seluruh bantuan jamban sudah terpasang semuanya.

"Hanya sebagian kecil yang masih dalam proses finishing, yakni di Desa Sidowayah Kecamatan Beji dan Desa Sungiwetan Kecamatan Pohjentrek. Kami optimis pengerjaan atau pemasangan jamban rampung sebelum tutup anggaran," tuturnya. (bib/par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...