Kamis, 13 Agustus 2020 04:23

Kurangi BAB Sembarangan, Pemkab Pasuruan Kembali Gelontorkan Bantuan Jamban Gratis di 2020

Selasa, 10 Desember 2019 19:04 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Kurangi BAB Sembarangan, Pemkab Pasuruan Kembali Gelontorkan Bantuan Jamban Gratis di 2020
Bantuan jamban yang diberikan kepada masyarakat secara gratis.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mengurangi kebiasaan buruk masyarakat berupa buang air besar sembarangan (BABS), Pemkab Pasuruan pada tahun 2020 akan kembali memberikan bantuan jamban secara gratis bagi masyarakat. Total jamban yang disiapkan sebanyak 4.500 unit. Bantuan itu diutamakan bagi masyarakat yang rumahnya belum memiliki sarana WC.

Pemkab Pasuruan telah mengalokasikan anggaran Rp 6,75 miliar untuk pengadaan jamban tersebut. Program jamban gratis itu nantinya difokuskan pada desa yang masyarakatnya masih banyak BAB sembarangan.

Saat ini, pemkab melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melakukan identifikasi dan pendataan kepada masyarakat yang belum memiliki fasilitas jamban.

Kepala Dinkes Pasuruan, dr Agung Basuki yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com menuturkan, bahwa BAB sembarangan akan menyebabkan lingkungan tidak sehat, apalagi dilakukan di sungai atau saluran irigasi.

"Imbasnya di desa tersebut rentan terserang penyakit. Sanitasi yang buruk akan menyebabkan diare, typus, hepatitis, demam berdarah, penyakit malaria, dan penyakit lainnya,“ jelas Agung.

Terpisah, Ir. Haryaprianto Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kabupaten Pasuruan menuturkan program jamban gratis sudah dilakukan pada 2019. 

Pada tahun lalu, Pemkab Pasuruan memberikan jamban gratis bagi 3.000 KK yang tersebar di 14 Kecamatan di 37 Desa. Hampir seluruh bantuan jamban sudah terpasang semuanya.

"Hanya sebagian kecil yang masih dalam proses finishing, yakni di Desa Sidowayah Kecamatan Beji dan Desa Sungiwetan Kecamatan Pohjentrek. Kami optimis pengerjaan atau pemasangan jamban rampung sebelum tutup anggaran," tuturnya. (bib/par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...