Tinggal di Pemakaman Umum, Mbah Sarmin Akhirnya Dipindahkan

Tinggal di Pemakaman Umum, Mbah Sarmin Akhirnya Dipindahkan Mbah Sarmin, kakek 99 tahun yang tinggal di pemakaman umum mendapatkan penjelasan dari petugas dinsos setempat untuk dipindahkan ke tempat yang layak.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Viralnya kabar Mbah Sarmin (99) yang tinggal sebatang kara di Pemakaman Umum Desa Pomahan, Kecamatan Pulung, Kabupaten , akhirnya mendapat respons dari Pemkab melalui Dinas Sosial. Selasa (03/19), Mbah Sarmin akhirnya dipindahkan ke tempat yang layak.

Menurut Suharyono, warga setempat, Mbah Sarmin sudah sejak lama tinggal tempat pemakaman umum tersebut. Ia sejatinya masih mempunyai keluarga di Desa Munggung, Kecamatan Pulung, namun memilih tinggal dan hidup menyendiri di pemakaman umum tersebut karena tidak ada kecocokan dengan keluarganya.

Untuk kebutuhan hidup, sehari-hari Mbah Sarmin mendapat belas kasihan dari Pemerintah Desa dan masyarakat sekitar. Sejak awal Pemerintah Desa Pomahan sudah menasihati Mbah Sarmin untuk tidak tinggal di pemakaman umum. Namun karena sudah betah, yang bersangkutan menolak untuk pindah. Bahkan sudah dipersiapkan tempat untuk Mbah Sarmin, yaitu rumah yang tidak ditempati milik kerabat kades, tak jauh dari lokasi pemakaman umum tersebut.

Namun setelah melalui mediasi dan pemberian penjelasan, akhirnya Mbah Sarmin bersedia dipindahkan untuk menempati rumah milik almarhumah Sarinem yang beralamat di RT 01 RW 02 Dukuh Sabil Desa Pomahan. Dengan menggunakan kendaraan yang ada, petugas Dinsos, Polsek, dan Babinsa segera membersihkan dan memindahkan semua barang-barang milik Mbah Sarmin.

"Dinas Sosial akan terus memantau keadaan Mbah Sarmin mengenai kelayakan tempat tinggal, keperluan hidup, kelengkapan identitas diri (KTP) dan Jaminan Sosial melalui Petugas TKSK Kecamatan Pulung saudara Hugo," ujar Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos , Sri Hartiningsih.

"Besok kita akan ke sini lagi membawa tempat tidur yang layak sambil melihat kondisi Mbah Sarmin," lanjutnya.

Kades Pomahan Suhariyono berterima kasih atas perhatian dari Pemerintah Kabupaten , Polsek dan Koramil Pulung yang telah membantu proses pemindahan Mbah Sarmin. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO