Banyak KPM Graduasi, Bupati Lumajang Inginkan Pendamping PKH Jadi Duta Bagi Pemerintah

Banyak KPM Graduasi, Bupati Lumajang Inginkan Pendamping PKH Jadi Duta Bagi Pemerintah Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (kanan) saat berdialog dengan seluruh SDM PKH Lumajang

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Banyaknya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan () dari Kementerian Sosial yang mengundurkan diri, baik secara Graduasi Mandiri Sejahtera maupun Graduasi Mandiri di Kabupaten Lumajang, rupaya sampai ke telinga Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

Cak Thoriq, sapaan populer Bupati Lumajang itu mengakui, langkah graduasi peserta oleh pendamping sejalan dengan pengentasan kemiskinan di Lumajang dan peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang selama ini belum ada peningkatan secara signifikan.

"Saya mendapat info banyak Pendamping mengentaskan masyarakat pra menjadi masyarajat sejahtera di Lumajang. Memang program ini sejalan dengan Pemkab yang berkompetesi untuk menghadirkan program kepada masyarakat. Program ini betul dirasakan manfaatnya," kata Cak Thoriq saat menghadiri acara outbond SDM Kabupaten Lumajang di PTPN Kertowono, Kecamatan Gucialit, Sabtu (16/11) dini hari.

Cak Thoriq mengapresiasi Pendamping bisa menggraduasi KPM . Sebab hal itu, kata Cak Thoriq, bukanlah pekerjaan mudah lantaran membutuhkan pendekatan-pendekatan yang khusus sehingga peserta bisa mengundurkan diri. "Saya bangga kepada Pendamping ," terangnya.

Karena itu, Cak Thoriq berkeinginan agar Pendamping bisa menyampaikan program-program Pemerintah Kabupaten Lumajang yang sudah berjalan kepada peserta . Seperti, melahirkan gratis, seragam gratis, dan lain-lainnya.

"Selain mendampingi masyarakat pra sejahtera, saya berkeinginan Pendamping bisa menjadi duta kami di pemerintah terhadap program-program kami di pemerintah yang sudah berjalan," ungkapnya.

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO