Minggu, 29 Maret 2020 00:11

Bunda Indah dan Warga Bersih-bersih Kali Temi, Paling Banyak Ditemukan Sampah Pastik

Jumat, 15 November 2019 18:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Imron Ghozali
Bunda Indah dan Warga Bersih-bersih Kali Temi, Paling Banyak Ditemukan Sampah Pastik
Bunda Indah bersama warga dan Instansi terkait lakukan kegiatan bersih-bersih Kali Temi di Kelurahan Ditotrunan.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Warga RT 5 Kelurahan Ditotrunan bersama Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati dan Instansi terkait melakukan kerja bakti bersih-bersih lingkungan di sungai Kali Temi. Dari kegiatan itu, ditemukan banyak sampah plastik.

Pentauan media ini, kegiatan bersih-bersih sungai dilakukan dengan menyusuri sungai. Hasilnya, berbagai macam sampah ditemukan, di antaranya sampah plastik, sampah kain bekas, popok bayi, dan ranting-ranting pohon.

Wakil Bupati Lumajang yang familiar dipanggil Bunda Indah itu terlihat semangat terlibat langsung membersihkan sungai Kali Temi. Dia dengan susah payah mengeruk sungai yang kondisinya cukup bersih. Dengan menggunakan pengeruk semacam jenis garpu, Bunda Indah banyak mengumpulkan sampah pastik yang tersangkut di dasar sungai.

Bunda Indah menyayangkan masih banyaknya warga yang membuang sampah di sungai. "Ini peringatan kepada masyarakat jangan buang popok bayi, buang plastik di kali. Kalau kali ini bersih masyarakat juga sehat," ujar Wabup usai pelaksanaan bersih kali, Jum'at (15/11) pagi.

Bunda Indah cukup prihatin banyaknya sampah plastik yang ditemukan sungai. Hal tersebut membahayakan kebersihan lingkungan, sebab sampah plastik sulit terurai oleh bakteri. Sehingga akan terjadi pendangkalan dan bisa mengakibatkan banjir. "Kalau bisa, masyarakat ada kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan," katanya.

Sebelumnya, Kali Temi juga dimanfaatkan masyarakat untuk budidaya ikan menggunakan keramba. Namun, ada beberapa keramba yang sudah tidak difungsikan. Oleh karena itu, keramba-keramba yang sudah tidak berfungsi akan dibongkar agar tidak menghambat aliran sungai. Sementara untuk keramba yang masih berfungsi, ke depan akan diganti dengan keramba yang lebih ramah lingkungan dan tidak permanen.

Lebih lanjut Bunda Indah mengatakan bahwa dari kegiatan kerja bakti tersebut diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah secara sembarangan. Terutama di sungai dan saluran air.

Di sisi lain, Bunda Indah juga menjelaskan keinginan pemerintah untuk menjadikan Kali Temi sebagai tempat wisata air di wilayah kota. "Harapannya kalau kali ini bersih dan lancar, maka akan digunakan untuk wisata, kita akan berikan perahu untuk wisata," pungkasnya (ron/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...