Selasa, 25 Februari 2020 04:43

Bupati Minta Penempatan e-Warong Dekat dengan KPM

Kamis, 14 November 2019 20:17 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Bupati Minta Penempatan e-Warong Dekat dengan KPM
Bupati Sumenep Busyro Karim (berkopyah) saat meninjau penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Kamis (14/11/2019).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap penempatan e-Warong (elektronik warong gotong royong) untuk menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi warga tidak mampu, memperhatikan aspek geografis kabupaten setempat.

Menurut Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, Kabupaten Sumenep secara geografis terdiri dari wilayah daratan dan kepulauan, sehingga mempunyai tantangan tersediri dalam menyalurkan bantuan non tunai itu, terutama masyarakat di daerah kepulauan.

“Lokasi ketersediaan e-Warong benar-benar memperhatikan aspek geografis, terutama di daerah kepulauan harus bisa terjangkau dengan mudah, supaya masyarakat yang mengambil bantuan itu tidak kesulitan,” kata Bupati saat Sosialisasi BPNT tahun 2019, di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Kamis (14/11/2019).

Bupati mengakui, khawatir apabila warga kepulauan dari satu desa sampai harus naik perahu menuju lokasi e-warong. Hal ini tentu menambah beban biaya transportasi. Bahkan bisa saja dana bantuan sosial itu habis untuk biaya perahu saja, sehingga tidak bisa membeli beras dan telur.

"Saya inginkan pihak terkait dalam menyediakan e-warong harus tepat lokasi penempatannya, agar masyarakat tidak mengalami kesulitan. Termasuk juga di daratan, karena ada desa yang wilayahnya terpisah oleh gunung dan lainnya," ungkapnya.

Program BPNT adalah program pemerintah sebagai pengganti bantuan pangan yang selama ini melalui program Raskin berganti Rastra. Harapannya, dengan perubahan tersebut, bantuan bisa lebih tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu, bahkan memudahkan penerima manfaat program dalam memilih jenis, kualitas, harga, dan bahan pangan.

"Saya berharap mekanisme pemberian bantuan tidak ada kendala di lapangan, terutama masyarakat penerima program tidak mengalami kesulitan saat mencairkan bantuan itu," imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan simulasi tata cara pengambilan dana BPNT oleh salah seorang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui e-Warong.

Sementara Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep, Drs. Koesman Hadie, mengungkapkan penyaluran BPNT di Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan Bank Mandiri. Sebagai penyalur, total ada 402 e-Warong. “Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos Pangan di Kabupaten Sumenep sebanyak 112.326 KPM dari alokasi sebanyak 128.16 KPM,” terangnya. (aln/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...