Peringati Hari Pahlawan, Bacabup Djoko Susanto Ziarah ke Makam Pahlawan Rakyat

Peringati Hari Pahlawan, Bacabup Djoko Susanto Ziarah ke Makam Pahlawan Rakyat Djoko Susanto menaburkan bunga di salah satu makam pahlawan rakyat.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Merayakan 10 November 2019 untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berziarah kubur adalah salah satunya.

Seperti yang dilakukan salah satu bakal calon Bupati Jember, Djoko Susanto. Tapi bukan makam pahlawan nasional yang dipilih, namun pahlawan rakyat yang juga memiliki jasa besar, khususnya yang pernah membangun Kabupaten Jember.

"Momentum hari pahlawan ini, pertama itu adalah mengaktualisasikan, menghormati, mengenang, dan (mengingat) perjuangan jasa pahlawan yang sudah berbuat untuk kita bisa merasakan seperti sekarang ini," kata Djoko Susanto saat dikonfirmasi di sela kegiatan ziarahnya, Minggu (10/11/2019) pagi.

Menurutnya, ziarah kubur merupakan salah satu tuntunan agama untuk mengenang dan mendoakan orang-orang yang telah mendahului kita, sekaligus mengingatkan bahwasanya semua orang bakal meninggal dunia.

"Seperti yang diajarkan warga Nahdliyin, sebagai ciri khas masyarakat religius dan juga nasionalis, yakni dengan berziarah kubur adalah yang bisa kita lakukan," katanya.

"Namun, tidak hanya pahlawan nasional, tetapi juga harus diingat adanya pahlawan rakyat yang pernah berjasa membangun daerah setempat. Inilah contoh bagi kita untuk mengajarkan generasi muda. Tapi ini semacam simbolisasi, karena pejuang kan banyak, seperti pahlawan rakyat ini yang berjasa babat alas dan membesarkan Jember. Jadi kita pilih tokoh-tokoh ini, tentunya tanpa mengabaikan yang lain (pahlawan nasional)," ungkapnya.

"Tujuannya untuk mempelajari manfaat keteladanannya, sehingga bisa ditirukan hal positifnya, sesuai juga dengan tuntunan yang diajarkan," sambungnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO