Minggu, 15 Desember 2019 20:30

Motivasi Sekolah, Dispendik Surabaya Gelar Pameran Pendidikan Formal dan Nonformal

Jumat, 01 November 2019 20:50 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Motivasi Sekolah, Dispendik Surabaya Gelar Pameran Pendidikan Formal dan Nonformal
Pembukaan Pameran Pendidikan “Widya Wahana Pendidikan 2019”, di Gedung Balai Pemuda, Jumat (1/11).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 72 sekolah negeri dan swasta serta lembaga pendidikan se-Kota Surabaya mengikuti Pameran Pendidikan “Widya Wahana Pendidikan 2019”, di Gedung Balai Pemuda, Jumat (1/11).

Pameran pendidikan yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan ini berlangsung selama tiga hari mulai hari ini (Jumat) hingga Minggu (3/11). Selain pameran, kegiatan lain yang diselenggarakan meliputi beragam lomba dan pelatihan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, M. Ihsan mengatakan, para peserta pameran merupakan sekolah maupun lembaga pendidikan yang berprestasi. Sekolah yang ambil bagian dalam pameran, merupakan hasil seleksi selama satu tahun.

"Sejumlah sekolah yang terlibat dalam kegiatan tersebut, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), kemudian Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) hingga mahasiswa yang merupakan generasi emas Surabaya ikut dalam pameran ini,” ucap Ihsan, Jumat (1/11).

Ihsan menyatakan bahwa Kota Surabaya merupakan barometer dalam pendidikan nasional. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh para pelajar, baik akademik maupun non akademik.

“Oleh karena itu, banyak tamu dari luar daerah yang melakukan studi banding ke Surabaya," ucapnya di hadapan ratusan pelajar, guru, dan masyarakat.

Ia berharap, pameran ini bisa memotivasi sekolah lainnya agar tertantang untuk meraih prestasi. Selain pameran, juga ada lomba melukis, mewarnai, serta pelatihan-pelatihan untuk masyarakat umum di gedung Marah Putih.

"Jadi, pengunjung bisa ikut pelatihan setelah melihat-lihat dahulu, seperti pelatihan Fotografi, Vlog, Make Up, membatik dan lainnya,” sebutnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Surabaya, Edwin Darmogo menilai, bahwa kegiatan pameran ini sangat bagus. Pasalnya, yang terlibat tak hanya sekolah formal, namun juga nonformal, mulai dari lembaga pendidikan yang menyelenggarakan keterampilan Bahasa Inggris, kecantikan, dan lainnya sesuai dengan bakat dan minat.

“Pameran kali ini lebih baik. Sekolah swasta selalu mengikuti kegiatan ini. Namun, tahun ini, pembagian pesertanya merata, untuk LKP, PKBM, sekolah swasta, dan peserta lainnya,” terangnya.

Kegiatan pameran pendidikan menampilkan berbagai hasil karya terbaik sekolah. Di stan-stan sekolah, ditampilkan beragam hasil kerajinan, mulai pernik-pernik kerajinan tangan, busana, minuman dan prestasi yang pernah diraih. Pasca pembukaan, sejumlah stan dari berbagai sekolah ramai dikunjungi para siswa, guru, dan masyarakat.

Pameran pendidikan dibuka dengan penampilan tari remo empat generasi. Sebutan empat generasi, karena para penari itu terdiri dari siswa TK, SD, SMP, dan mahasiswa. Pembukaan semakin semarak dengan tampilnya sejumlah pelajar yang tergabung dalam Orpes (Organisasi Pelajar Surabaya) saat membawakan beberapa lagu-lagu populer, seperti Mundur Alon-Alon hingga Maumere. (ian/rev) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 14 Desember 2019 23:59 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Crystal Universe, akan menjadi andalan di Milenial Glow Garden (MGG), salah satu wahana baru Jatim Park 3 yang di-launcing pada Sabtu (14/12). Betapa tidak, di ruangan ini pengunjung akan dipikat dengan keindahan 5.433 l...
Sabtu, 14 Desember 2019 13:01 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Mengerikan! Itulah gambaran sikap saling serang atau saling bully antar penganut agama di media sosial (medsos). Tanpa risih dan tedeng aling-aling mereka saling serang dengan memakai kata-kata kasar, sadis, dan kejam. Mere...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...