Total Aset Rp 72,1 Triliun, Khofifah Ingin Bank Jatim Jadi Backbone Pengembangan UMKM

Total Aset Rp 72,1 Triliun, Khofifah Ingin Bank Jatim Jadi Backbone Pengembangan UMKM Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat kepada para komisaris dan direksi dan komisaris Bank Jatim, Senin (28/10/2019). foto: istimewa/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mendorong agar Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Timur bisa menjadi backbone pengembangan UMKM Jawa Timur. Oleh karena itu kewenangan sebagai penyalur KUR sangat mendesak bagi BPD Jatim.

Hal itu disampaikan saat melantik dua komisaris dan tiga direktur Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jatim Tbk, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (28/10).

Ia meminta bisa menjadi penggerak motor ekonomi di Jawa Timur. Bukan sekadar menghasilkan PAD melainkan juga memberikan multiplayer effect di banyak sektor.

" kami harapkan bisa menjadi backbone pembangunan sekaligus pengembangan UMKM di Jawa Timur. Dan kami harap bisa membawa multipayer effect, termasuk di dalamnya penyerapan tenaga kerja, pengembangan UMKM, dan ekonomi kreatif agar semakin memperkuat pondasi, struktur dan kinerja ekonomi Jatim," terang .

juga mengapresiasi kinerja positif yang dihasilkan . Dimana sampai dengan bulan September 2019 ini, total aset sudah mencapai Rp 72,1 triliun, atau meningkat 15,06 persen dibandingkan total aset Desember 2018.

Disamping itu, laba sampai September 2019 sudah mencapai Rp 1,1 triliun atau lebih besar 7,61 dibandingkan laba yang sama tahun 2018.

"Beberapa indikator juga menunjukkan kinerja pada bulan September 2019 memperoleh predikat sehat. Dimana, rasio Non Performance Loan (NPL) sebesar 2,89 persen. Return on Equity (ROE) sebesar 19,98 persen, Capital Adequacy Ratio (CAR) sebesar 21,79 persen dan BOPO sebesar 66,54 persen," urai .

Dengan posisi seperti ini, ia ingin agar segera bisa menjadi bank menjadi implementator Kredit Usaha Rakyat (KUR). Yang bisa memberikan kredit murah pada UMKM sehingga bisa turut mendorong pertumbuhan UMKM Jawa Timur.

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO