Rabu, 01 April 2020 08:41

Konsultasi Persyaratan Jalur Independen, Puluhan Relawan Sukoiri Datangi Kantor KPU Gresik

Senin, 28 Oktober 2019 14:16 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
Konsultasi Persyaratan Jalur Independen, Puluhan Relawan Sukoiri Datangi Kantor KPU Gresik
Pendukung M. Sukoiri saat bertemu dengan Ketua dan komisioner KPU Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Puluhan relawan Kepala Desa (Kades) Sidowungu Kecamatan Menganti, M. Sukoiri yang mengatasnamakan diri 'Relawan Perubahan Kabupaten Gresik', mendatangi kantor KPU Gresik, Senin (28/10).

Kedatangan para pendukung Sukoiri ini untuk mempertanyakan persyaratan maju Pilbup Gresik melalui jalur independen (perorangan). Mereka dari perwakilan komunitas buruh, pemancing, serikat pekerja, klub motor, santri, wong bodho, anak jalanan, dan lainnya. Mereka ditemui langsung oleh Ketua KPU Gresik Ahmad Roni, dan para komisioner lain.

Warsono, S.H., Ketua Relawan Perubahan Kabupaten Gresik, menyatakan kedatangan pihaknya ke KPU Gresik sebagai bentuk dukungan terharap Sukoiri yang berencana maju sebagai calon bupati melalui independen.

"Ini adalah pemikiran kami bersama untuk mendukung Gus Sukoiri sebagai calon bupati untuk Gresik perubahan," ujar dia.

Warsono mengaku telah menyiapkan berbagai persyaratan dukungan seperti yang disampaikan KPU.

Hal yang sama disampaikan Penasihat Wong Bodho Pondok Mburi, Sudarmono. Ia menyatakan, kedatangan relawan ke KPU sebagai bentuk dukungan agar Sukoiri bisa maju pada Pilbup Gresik 2020.

Sementara Ketua KPU Gresik Ahmad Roni menyatakan bahwa salah satu syarat untuk maju sebagai calon dari jalur perorangan yakni minimal harus mengantongi dukungan 69.529 KTP. Ketentuan itu mengacu daftar pemilih tetap (DPT) tahun 2019 sebanyak 927.045 pemilih.

"Ketentuan perundangan-undangan yang ada, bahwa DPT di bawah 1 juta maka syarat dukungan perorangan 7,5 persen. Dukungan berupa tanda tanda tangan disertai KTP elektronik," ujar Roni.

Adapun untuk penyerahan dukungan perorangan dibuka KPU mulai tanggal 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020. Sementara masa pendaftaran calon perorangan dibuka pada 16-18 Juni 2020.

"Saat pendaftaran, syarat harus klir. Untuk bentuk dukungan pemilih, satu orang satu pernyataan. Bukan bentuk rekap. Satu orang satu pernyataan. KTP elektronik harus nempel di kertas dukungan, tak boleh pisah dan tak usah pakai materai," jelasnya. (hud/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...