LPM Merak Situbondo Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis

LPM Merak Situbondo Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis Warga sedang antre bergiliran menjalani operasi katarak.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak) Kabupaten kembali menggelar pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis bagi ribuan warga miskin di GOR Serbaguna, Senin (7/10).

Menurut Ketua LPM Merak Kamarul Muniri, Pemeriksaan dan Operasi Mata Katarak Gratis terselenggara atas kerja sama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak) dan Pemerintah Kabupaten serta lembaga sosial John Fawcett Foundation (JFF).

“Untuk sementara kita masih memberikan layanan pemeriksaan dan operasi mata katarak, protessa, pemberian dan kacamata gratis,” katanya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Aroel ini menjelaskan bahwa, kegiatan sosial tersebut akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 7 hingga 10 Oktober 2019. Menurutnya pemeriksaan dan pengobatan mata gratis oleh lembaganya sudah berlangsung sebanyak lima kali dari tahun 2016 hingga tahun 2019.

“Tahun ini kita melakukan operasi katarak sebanyak 888 orang, pemberian kaca mata sebanyak 3000 orang dan 32 orang pemberian bola mata palsu atau protessa,” ungkapnya.

Aroel berharap, kegiatan sosial LPM Merak ini dapat terus terselenggara dan berguna bagi warga , karena menurutnya tujuan utama dari program tersebut untuk meringankan beban masyarakat miskin yang mempunyai gangguan penglihatan.

"Pengobatan dan operasi katarak secara gratis ini dilakaksanakan tidak lain untuk meringankan beban masyarakat miskin yang mempunyai gangguan kesehatan mata,” pungkasnya.

Pantauan di lapangan, pembukaan pengobatan dan operasi katarak gratis yang berlangsung di Gedung Serbaguna Baluran disaksikan KH. Zaki Abdullah Ponpes Manbaul Hikam, Habib Husen BSA, Pembina Ansor , dan KH. Syainuri Sufyan pengasuh Ponpes Sumber Bunga Sletreng.

Kemudian Ketua MUI Cabang KH. Syaiful Muhyi, Kapolres AKBP. Awan Hariono, SH, SIK, MH, Kajari Nur Slamet SH, MH, Dandim 0823 Situbondi Letkol Inf. Akhmad Juni Toa, SE, MI. Pol, Wabup Ir. H. Yoyok Mulyadi MSi, Kadis Kesehatan, Direktur RSAR dan tamu undangan lainnya.

"Semoga acaranya sukses dan bisa terus dilaksanakan setiap tahun, kegiatannya bagus, sangat membantu masyarakat yang kurang mampu di yang sedang mengalami gangguan penglihatan," kata Wakil Bupati , Yoyok Mulyadi. (mur/had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO