Kerahkan 75 Personel, Api di Hutan Welirang Sudah Padam

Kerahkan 75 Personel, Api di Hutan Welirang Sudah Padam Petugas BNPB memadamkan api di hutan Gunung Welirang.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Hutan di Gunung Welirang sempat kebakaran. Informasi yang dihimpun dari BNPB, kebakaran itu terjadi sejak Rabu (2/10) lalu. Titik api berada di Blok Plorotan dan Blok Gunung Pundak, masuk wilayah Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.

Untuk memadamkan api, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo mengatakan pihaknya mengerahkan 75 personel ke Gunung Welirang. "Gunung tersebut berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo," terang dia di lokasi Gunung Welirang, Prigen, Pasuruan, Jumat (4/10).

“Masih ada beberapa titik yang masih belum dapat dikendalikan karena angin di lokasi tersebut berhembus cukup kencang, namun api sudah mulai memadam," jelasnya.

Ia menjelaskan, vegetasi yang terbakar meliputi semak belukar dan cemara gunung. Luasan terdampak masih dalam pemetaan.

Saat ini BPBD Provinsi Jawa Timur masih melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Mojokerto & Dinas Kehutanan Provinsi Jatim (UPT. Tahura R. Soerjo), serta Tim Perhutani, BPBD, LMDH, TNI, Polri, dan relawan.

“Tiitik api yang berada pada Blok Putuk Sewur dan Blok Cemoro Cangkruk sudah dapat dikendalikan, namun Tim Tahura tetap melakukan penyisiran ulang,” imbuhnya.

Untuk memadamkan api di titik Blok Putuk Sewur dan Blok Cemoro Cangkruk, diberangkatkan sebanyak enam personil. “Sampai pukul 16.00 WIB kemarin (3/10), laporan yang diterima BNPB, api dapat dipadamkan dan keadaan aman terkendali,” pungkasnya. (afa/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Motor Terbakar di Alun-Alun Kota Pasuruan, Pemiliknya Malah Kabur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO