Waspada, Polda Jatim Ungkap Modus Baru Pencurian Mobil Rental

Waspada, Polda Jatim Ungkap Modus Baru Pencurian Mobil Rental

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum mengungkap modus baru pencurian kendaraan R4 dengan memasang Global Positioning System (GPS) di dalam sasis ban depan kendaraan.

Kapolda Jatim Irjenpol Luki Hermawan didampingi Direktur Reserse Kriminal Umum Kombespol Gideon Arif Setyawan menyatakan, pelaku memang sengaja memasang GPS tersebut di dalam mobil yang dia pinjam.

"Jadi pelaku bisa memantau posisi mobil tersebut. Jika dirasa lokasi mobil aman dan sepi, pelaku langsung melancarkan aksinya," ujar Luki di lapangan upacara Mapolda, Selasa (24/9).

Pelaku yang diketahui bernama Zulkifli alias Kipli melakukan aksi untuk pertama kali. Dia meminjam mobil temannya yang juga menyewa di persewaan mobil (rent car) milik korban Setyo Ponco Utomo.

"Jadi dia meminjam mobil yang disewa temannya kemudian dipasang GPS. Meski di dalam mobil sudah dipasang GPS, namun sinyalnya kalah dengan GPS tersangka," ujarnya.

Selain itu, Luki menyebut hal ini merupakan modus baru yang ditemukan di Jatim. Untuk itu, ia menyarankan masyarakat yang memiliki bisnis rental mobil agar mengecek kembali kendaraannya usai disewa orang lain.

"Kayaknya di Jatim masih baru dan TKP-nya di Banyuwangi, tertangkap di Malang. Ini tidak menutup kemungkinan di wilayah lain. Para penyewa kendaraan, habis disewa dicek lagi jangan sampai ada GPS yang disembunyikan di tempat tersembunyi," saran Luki. (ana/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO