Wagub Emil Dardak Imbau Seluruh UPT Dukung Satgas Saber Pungli

Wagub Emil Dardak Imbau Seluruh UPT Dukung Satgas Saber Pungli Wakil Gubernur Jatim menandatangani berita acara sosialisasi pelaksanaan Perpres No.87 Th.2016 tentang Saber Pungli di Unibraw Malang. foto: ist

MALANG, BANGSAONLINE.com - Untuk memberantas pungutan liar (pungli) yang masih marak terjadi di wilayah Jawa Timur, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengimbau kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di beberapa dinas di lingkungan Pemprov Jatim untuk mendukung kinerja Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungli.

“Kami mengimbau kepada UPT-UPT yang ada di Jawa Timur untuk mendukung satgas ini. Ya didukung sebaik-baiknya karena ini masalah martabat bangsa kita. Tolong difasilitasi sebaik-baiknya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Emil Elestianto Dardak usai membuka acara Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar dalam rangka Gerakan Anti Korupsi di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya Malang, Kamis (5/9).

Keseriusan Pemerintah Jawa Timur untuk mencegah dan mengatasi maraknya pungutan liar semakin kuat seiring telah diajukannya anggaran untuk posko Unit Pemberantasan Pungli (UPP) dan Satgas Saber Pungli pada Perubahan APBD 2019.

“Maka, di perubahan anggaran 2019 Bu Gubernur telah menganggarkan posko UPP Satgas Saber Pungli, seperti kata pak Irjen tadi, di luar dari kantor polisi, tapi di aset pemprov beserta sarpras pendukung,” kata Emil Dardak.

Selain itu, Emil Dardak sapaan akrabnya menambahkan, bahwa Inspektorat Jatim telah melakukan assessment terkait saber pungli terhadap sembilan OPD di Pemprov Jatim.

“Jadi inspektorat sebagai lokus untuk saber pungli itu telah melakukan assessment di sembilan OPD sebagai langkah awal,” kata orang nomor dua di Jatim ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO