Bupati Bangkalan Minta Kader Masjid Ikut Berperan Dalam Menurunkan Angka Stunting

Bupati Bangkalan Minta Kader Masjid Ikut Berperan Dalam Menurunkan Angka Stunting

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Kader Masjid harus ikut berperan untuk penanganan di Kabupaten Bangkalan. Hal ini disampaikan Bupati Bangkalan Abdul Latif Imron Amin dalam acara Orientasi Kader Masjid bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) bertempat di Hotel Ningrat, Rabu (04/09/2019).

Dalam sambutannya, Bupati mengungkapkan jika di Bangkalan ada 1.013 masjid. Menurutnya, dengan masjid sebanyak itu, akan sangat efektif jika jamaahnya bisa ikut berperan mengurangi angka . "Jika setiap masjid ada 40 jamaah, maka ada 40 ribu jamaah yang bisa turut berperan," ungkap Bupati Latif.

"Belum termasuk peran masjid di pesantren, dimana ada 231 pondok serta 805 madrasah. Sehingga diperkirakan keseluruhan ada 210 ribu orang atau setara dengan 20 persen dari total jumlah penduduk Bangkalan," tambahnya.

Melalui program ini, Latif menargetkan angka di Bangkalan bisa turun menjadi 20 persen dari jumlah kelahiran anak. Sementara saat ini, angka di Bangkalan masih mencapai 39 persen dari jumlah kelahiran anak.

Sementara Ketua Pelaksana Orientasi Kader Masjid H. Djayus Sayuti menyatakan siap membantu dalam upaya percepatan pencegahan berbasis masjid.

"Caranya, kader masjid dapat memberikan motivasi kepada jamaah, agar mereka dapat berpola hidup sehat. Sehingga, nantinya peran masjid bukan hanya motivasi ibadah ubudiyah atau ritual, akan tetapi masjid dapat memberikan ibadah sosial, di mana peran masjid harus mampu memakmurkan masyarakat," ujarnya pria yang juga Sekretaris DMI Bangkalan ini.

Sekadar diketahui, acara ini diikuti 25 kader perwakilan masjid se-Kabupaten Bangkalan. (uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO