Rabu, 27 Mei 2020 16:11

Umur 113 Tahun, Kakek Ini Ikut Gerak Jalan Puluhan Kilo Meter

Sabtu, 31 Agustus 2019 16:12 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yudi Indrawan
Umur 113 Tahun, Kakek Ini Ikut Gerak Jalan Puluhan Kilo Meter
Tukimin, kakek berumur 113 tahun saat mengikuti gerak jalan Tajem sejauh 30 Km.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Gerak jalan tradisional dari Kecamatan Tanggul menuju Alun-alun, Kabupaten Jember, Jawa Timur yang umum disebut Tajem menempuh jarak 30 kilometer, kembali digelar. Ajang olahraga untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI dan rutin digelar tiap tahun itu menjadi sebuah event yang ditunggu masyarakat Kota Tembakau ini.

Seperti yang juga dilakukan Tukimin warga Desa Sumberjeruk, Kecamatan Kalisat. Kakek yang mengaku berumur 113 tahun itu, mengaku senang berolahraga jalan kaki karena menurutnya untuk menjaga kesehatan dan memotivasi para generasi muda saat ini.

"Aku seneng mlaku, tenagane cukup makan nasi dan (kuat) menahan lapar. (Saya suka olahraga jalan kaki, tenaganya cukup makan nasi dan kuat menahan lapar, red)," ujar Tukimin saat dikonfirmasi wartawan sebelum diberangkatkan di garis start, Sabtu (31/8) siang.

Olahraga berjalan kaki, diakui Tukimin, sudah sejak lama dia gemari. Meskipun baru 4 kali ikut gerak jalan Tajem, namun untuk berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh sudah sering dilakoninya.

"Saya sering jalan kaki, Jember - Banyuwangi bolak balik, muter-muter Panarukan, mari (setelah, red) Panarukan (lanjut) Kraksan, Probolinggo, terus sampai Klakah," ungkapnya.

Semua jarak yang ditempuhnya itu, dilakukan dengan berjalan kaki. "Tidak pernah numpang truk, semuanya jalan kaki," ungkapnya.

Bahkan untuk mengikuti gerak jalan Tajem ini, Tukimin juga mengaku tidak melakukan persiapan macam-macam. Menurutnya cukup dengan sering berolahraga dengan berjalan kaki. Bahkan untuk ikut gerak jalan Tajem tersebut, dirinya berjalan kaki dari rumahnya di Kecamatan Kalisat, menuju garis start di Kecamatan Tanggul.

"Rumah saya di Kalisat, jarak 16 kilometer, lanjut Tanggul, jaraknya 30 kilometer. Nanti pulangnya juga jalan kaki. Total sendiri berapa jarak jauhnya saya jalan kaki," pungkasnya.(jbr1/yud/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...